Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Dilaporkan Kembali Tangkap Warga Negara Kanada

Kompas.com - 19/12/2018, 17:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - China dilaporkan kembali menangkap warga negara Ksnada di tengah memanasnya situasi diplomatik buntut penahanan petinggi raksasa telekomunikasi Huawei.

Kabar penangkapan itu dihembuskan media lokal Kanada National Post, sebagaimana diwartakan kantor berita AFP Rabu (19/12/2018).

Baca juga: Dianggap Bahayakan Keamanan Negara, Pengusaha Kanada Ditahan China

Mengutip sumber dari Kementerian Luar Negeri, mereka sudah mendapat kabar ada warga Kanada yang ditahan otoritas China.

Sumber itu menolak menjelaskan lebih lanjut apakah penahanan itu ada hubungannya dengan penangkapan Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou.

Sementara dari Beijing, juru bicara Kemenlu Hua Chunying dalam konferensi pers mengaku dia belum mendengar ada warga Kanada lain yang ditangkap.

"Saya baru mendengar hal ini dan tidak mengerti apa yang kalian maksudkan," tutur Hua kepada awak media dikutip SCMP.

Dengan penangkapan warga yang belum diketahui identitasnya itu, total sudah ada tiga warga Kanada yang ditahan di China.

Dua warga Kanada sebelumnya ditangkap pada pekan lalu dengan tuduhan melakukan aktivitas yang dianggap membahayakan keamanan nasional.

Mereka adalah mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha yang punya hubungan dengan Korea Utara (Korut), Michael Spavor.

Penahanan itu memunculkan kecurigaan bahwa Chief tengah melakukan pembalasan setelah Meng ditangkap di Vancouver pada 1 Desember lalu.

Meng ditangkap berdasarkan perjanjian ekstradisi dengan Amerika Serikat (AS). Dia dituding melakukan penipuan dan menjalin kesepakatan bisnis dengan Iran.

Pekan lalu, Meng dibebaskan dengan jaminan sembari menunggu ekstradisi dengan AS. Media China menyatakan penangkapan itu bermotif politik.

Sementara Beijing mengancam bakal memberi "konsekuensi" kepada Ottawa jika tak segera membebaskan Meng. Kanada merespon bahwa penangkapan itu tak punya tujuan politik.

Baca juga: Buntut Penangkapan Petinggi Huawei, Eks Diplomat Kanada Ditahan China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com