Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Ini Bakal Terapkan Denda bagi Fans K-Pop yang Berulah

Kompas.com - 19/12/2018, 16:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Maskapai Korea Selatan (Korsel) Korean Air mempunyai kebijakan untuk menghukum fans K-Pop yang berulah untuk bisa bertemu dengan idolanya.

Kebijakan itu berupa denda bagi fans K-Pop yang sengaja membeli tiket pesawat untuk bisa bertemu idola dan kemudian membatalkannya.

Baca juga: Karena 4 Fans K-Pop, Penumpang Korean Air Terpaksa Turun dari Pesawat

Dilansir The Guardian Rabu (19/12/2018), peristiwa terbaru terjadi pada Sabtu pekan lalu (15/12/2018) saat penerbangan Korean Air dari Hong Kong menuju Seoul.

Saat itu, tiga orang fans boyband bernama Wanna One membeli tiket hanya untuk bertemu dan berfoto bersama 11 anggotanya.

Fans fanatik berusia sekitar 20 tahun, dua dari China dan satu dari Hong Kong, kemudian meminta turun beberapa menit sebelum pesawat lepas landas.

Karena tindakan fans fanatik tersebut, 360 penumpang mengalami keterlambatan selama satu jam karena harus memulai pemeriksaan dari awal.

Dalam keterangan resminya, Korean Air menuturkan terdapat fans yang sengaja melakukan check-in hanya untuk bertemu idolanya.

"Mereka sengaja membeli tiket mahal untuk bertemu idolanya. Setelah itu mereka meminta pengembalian uang tiket," ujar juru bicara maskapai kepada Korea Times.

Membeli tiket kelas eksekutif hingga bisnis memberikan kesempatan bagi fans itu untuk bertemu dan berfoto dalam jarak dekat. dan kemudian menjualnya secara online.

Karena itu, Korean Air menegaskan mulai 1 Januari 2019, terdapat denda 200.000 won (Rp 2,5 juta) bagi fans yang sengaja membatalkan penerbangan setelah melewati gerbang keberangkatan.

Juru bicara Korean Air menjelaskan, pihaknya sudah menerima sekitar 35 insiden serupa yang terjadi sepanjang 2018 ini.

Jumlahnya bisa menjadi ratusan jika insiden yang sama dari maskapai Korsel lain digabungkan. Namun, dia menyatakan ini kali pertama ada fans yang minta turun sebelum lepas landas.

Baca juga: Inilah 10 Bintang K-Pop Terkaya Saat Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com