Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Main di Dapur, Bocah 3 Tahun Tewas Diterkam Macan Tutul

Kompas.com - 18/12/2018, 19:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang bocah tiga tahun yang tinggal di kawasan Negara Bagian Jammu-Kashmir, India, tewas diterkam seekor macan tutul.

Dilansir AFP Selasa (18/12/2018), Wasim Akram sedang bermain di dapur bersama ibunya ketika macan tutul itu masuk dan menerkamnya, kemudian membawanya ke hutan.

Baca juga: Sedang Meditasi di Hutan, Seorang Biksu Tewas Diterkam Macan Tutul

Media lokal Tribune India melaporkan warga dibantu polisi mengejar macan tutul itu. Namun mereka hanya menemukan jenazah Akram yang sudah tanpa kepala.

Polisi menjelaskan, jenazah Akram kemudian diserahkan kepada pihak keluarga setelah mereka menyelesaikan dokumen formal.

Insiden tersebut merupakan yang ketiga dalam dua bulan terakhir. Termasuk bocah berusia delapan tahun bernama Rehmat Ali pada 7 Desember.

Pejabat lokal menerangkan mereka saat ini berusaha mendapatkan perintah untuk melenyapkan macan tutul itu dari Pemerintah Negara Bagian Jammu-Kashmir.

Adapun petugas perlindungan alam liar menggunakan senjata bius dan melakukan pencarian untuk menemukan predator tersebut.

Pengawas hutan Tahir Ahmad Shawl menjelaskan pihaknya telah mengeluarkan imbauan supaya warga melindungi diri dari ancaman binatang buas.

"Kami melihat macan tutul itu di pagi hari ini. Namun sampai saat ini kami masih belum bisa menangkapnya," terang Shawl.

Data resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah India memprediksi terdapat 12.000 sampai 14.000 ekor macan tutul di sana.

Jumlah mereka menurun karena habitat mereka menyempit sebagai dampak dari pembangunan. Membuat macan tutul itu semakin dekat dengan wilayah manusia.

Sementara tidak ada jumlah pasti orang yang tewas karen diterkam macan tutul, pakar meyakini ratusan orang dibunuh setiap tahunnya.

Pekan lalu, seorang biksu Buddha diterkam macan tutul ketika bermeditasi di hutan kawasan Negara Bagian Maharashtra.

Baca juga: Otoritas India Umpankan Manusia untuk Tangkap Seekor Macan Tutul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com