Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda akan Larang Perdagangan Gading Mentah Mulai Maret 2019

Kompas.com - 18/12/2018, 19:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Belanda akan melarang segala bentuk perdagangan gading mentah mulai tahun 2019.

Disampaikan Kementerian Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan, aturan baru tersebut akan diberlakukan mulai 1 Maret 2019 mendatang.

"Mulai tanggal 1 Maret 2019 mendatang, penjualan gading mentah dari dan menuju ke Belanda sudah tidak akan mungkin lagi," kata Menteri Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan Belanda, Carola Schouten.

Melansir dari AFP, saat ini hukum di Belanda masih mengizinkan penjualan gading, seperti dari gajah dengan sertifikat Uni Eropa, yang dibawa masuk ke negara itu antara 1947 hingga 1990.

Baca juga: Otoritas Kamboja Sita 3 Ton Gading Gajah yang Dikirim dari Mozambik

Sementara gading yang diimpor ke Belanda sebelum 1947 tidak membutuhkan sertifikat.

Aturan lama itu berlaku segera setelah perdagangan gading secara internasional dilarang sejak 1989 oleh CITES, konferensi global yang mengatur perdagangan satwa liar.

Namun setelah aturan baru diberlakukan, segala bentuk perdagangan gading mentah akan dilarang tanpa memperhatikan ada tidaknya sertifikat.

"Pelarangan itu dibuat karena gading mentah yang masih asli sangat sulit untuk dibedakan antara yang lama dengan yang baru," kata Schouten dalam sebuah surat kepada parlemen.

"Baru-baru ini, gading yang diperoleh sering dibuat seolah sudah tua dengan menggunakan daun teh dan dijual melalui situs iklan baris online Belanda, Marktplaats," tambah surat tersebut.

"Dengan melarang segala bentuk perdagangan gading liar maka kita telah memangkas praktik ilegal," kata Schouten.

Kementerian juga mengumumkan hasil operasi yang telah dilakukan polisi bersama bea cukai dan badan pengawas makanan yang bertujuan mencegat perdagangan spesies terancam punah yang dibawa masuk ke Belanda secara ilegal.

Operasi yang disebut Operasi Toucan dan digelar pada September hingga November itu berhasil menggagalkan pengiriman sejumlah flora dan fauna eksotis, termasuk tujuh kilogram gading mentah di pusat kota Utrecht.

CITES para tahun lalu mengatakan, tingkat perburuan gajah di Afrika sepanjang 2017 telah mengalami penurunan, namun jumlah gading ilegal yang disita telah mencapai rekor tertinggi.

Baca juga: Akhir Tahun Ini, Tidak Ada Penjualan Gading Gajah di China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com