Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba Parasut Buatan Sendiri, Remaja Ini Tewas Jatuh dari Puncak Gedung

Kompas.com - 18/12/2018, 16:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MAKIIVKA, KOMPAS.com - Seorang remaja 15 tahun di utara Ukraina tewas karena meloncat dari puncak gedung 14 lantai untuk mencoba parasut buatannya.

Situs ZNAJ dikutip Newsweek Senin (17/12/2018) memberitakan, insiden itu tragis itu terjadi kota Makiivka, di mana remaja itu diidentifikasi bernama Bogdan Firson.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Lompatan Pertama dengan Parasut Dilakukan

Dalam video yang beredar di media sosial, Firson berdiri di atas gedung itu, dan kemudian dia meloncat seraya membuka parasutnya.

Namun, parasut itu gagal mengembang dengan sempurna. Helm yang dia kenakan maupun peralatan penyelamat tak mampu menolongnya dari ketinggian 42 meter.

Seorang saksi mata mengatakan orang dewasa termasuk ibu Firson tidak berusaha mencegahnya. Malah, mereka bersorak dan memberikannya semangat.

"Kejadian itu berada tepat di depan mata saya. Anak itu melompat sambil membuka parasut, dan terjatuh dengan punggung lebih dulu," ungkap saksi itu kepada Daily Mail.

Ibu Firson yang identitasnya tidak disebutkan begitu terkejut dengan kematian putranya hingga menolak untuk meninggalkan lokasi kejadian.

Media lokal memberitakan, Firson dikenal sebagai sosok pencari adrenalin. Pakar menerangkan meski parasut Firson dibuat dengan bagus, ketinggiannya masih kurang.

Harian Fakti melansir tinggi minimal untuk membuka parasut adalah 70 meter atau berada di gedung 25 lantai. "Itu pun masih berbahaya," terang Fakti.

Sementara ketinggian Firson saat jatuh adalah 42 meter. Meski begitu, ada kasus langka di mana penerjun bisa mengembangkan parasutnya di ketinggian di bawah 70 meter.

Pada 1999, si penantang maut terkenal Felix Baumgartner meloncat dari lengan patung Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro, Brasil.

Ketinggian saat itu adalah 30 meter, terendah dalam catatan rekor. Baumgartner melakukan aksi itu dengan persiapan dan peralatan yang jauh lebih matang dari Firson.

Baumgartner memperkirakan bakal mendarat dalam 2,5 detik, dan membuka parasut yang mengembang dalam waktu satu detik.

Baca juga: Parasut Membelit Baling-baling, Helikopter AU India Jatuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com