Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Pacar di Pakistan, Pria India Dituduh Mata-mata dan Ditangkap

Kompas.com - 18/12/2018, 16:32 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang pria India yang dipenjara selama beberapa tahun karena menemui kekasihnya di Pakistan, dibebaskan pada Selasa (18/12/2018).

Hamid Nehal Ansari secara ilegal masuk ke Pakistan lewat Afghanistan pada 2012 sebelum ditangkap aparat keamanan Pakistan.

Pada 2015 dia kemudian dinyatakan bersalah karena melakukan kegiatan mata-mata dan memalsukan dokumen.

Baca juga: Memotret ke Luar Jendela Pesawat, Remaja Inggris Dituduh Mata-mata

Namun, di pengadilan Hamid mengatakan, dia masuk ke Pakistan hanya karena ingin bertemu dengan perempuan yang dikenalnya lewat Faceboo.

Kuasa hukum Hamid, Qazi Muhammad Anwar mengatakan, saat itu polisi menunggu di luar rumah perempuan tersebut lalu menangkap Hamid saat dia keluar dari rumah itu.

"Hamid dibebaskan dari penjara hari ini pukul 07.25 dan saat ini dia berada di Lahore menunggu waktu melintasi perbatasan India," ujar Anwar.

Sementara itu, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan, Hamid akan kembali ke India leat pintu perbatasan di Lahore pada Selasa sore waktu setempat.

Pemerintah India membenarkan kabar baik dari Pakistan itu.

"Kami sangat lega, terutama untuk pihak keluarga. Akhirnya masa enam tahun di penjara Pakistan berakhir," demikian kementerian luar negeri India.

Pakistan dan India sudah terlibat tiga kali perang sejak 1947. Selain itu, saling tangkap warga negara masing-masing dengan tuduhan melakukan tindakan mata-mata adalah hal yang jamak terjadi.

Baca juga: Ashraf Marwan, Menantu Presiden Mesir yang Jadi Mata-mata Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com