Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah, Wright Bersaudara Terbangkan Pesawat Pertama

Kompas.com - 17/12/2018, 12:09 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 115 tahun yang lalu, tepatnya pada 17 Desember 1903, dua bersaudara asal Amerika Serikat, Wilbur Wright dan Orville Wright, sukses menerbangkan pesawat pertama di dunia.

Wright Bersaudara menerbangkan pesawat buatannya di kota bernama Kitty Hawk, North Carolina, AS.

Dilansir dari History.com, pesawat Wright Flyer yang didukung oleh baling-baling itu dikemudikan oleh Orville Wright. Pesawat mampu terbang selama 12 detik pada ketinggian 36 meter.

Pencapaian ini merupakan penerbangan pertama pesawat berawak yang dikendalikan. Dengan kata lain, ini merupakan penerbangan pertama sebuah pesawat.

Siapa Wright Bersaudara ?

Wilbur Wright dan Orville Wright adalah dua bersaudara yang kemampuan teknis luar biasa disertai kemampuan desain mumpuni.

Pada 1892, mereka mengembangkan mesin cetak dan membuka toko penjualan dan perbaikan sepeda. Tak lama kemudian, mereka membuat sepeda mereka sendiri.

Berbekal pengalaman pembuatan sepeda, mereka mempunyai keinginan untuk membuat alat transportasi yang berjalan di udara.

Mereka mulai bereksperimen mengenai wahana penerbangan ketika ketika Wilbur berusia 32 tahun dan Orville berusia 28 tahun.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Marconi Mengirim Sinyal Radio Pertama Lintasi Atlantik

Ketika itu mereka berdua juga menyaksikan penerbangan glider dari seorang insinyur asal Jerman, Otto Lilienthal. Wilbur dan Orville memulai dengan mempelajari buku-buku aeronautika, lalu memperhatikan sayap burung sebagai inspirasi.

Pada 1900, mereka menguji idenya melalui sebuah layang-layang dan menyempurnakannya dengan glider pertamanya. Kitty Hawk dipilih menjadi tempat uji coba pertama karena miliki kencang dengan kondisi perbukitan pasir.

Setelah hampir tiga kali penyempurnaan, akhirnya mereka perlu membangun sebuah pesawat yang memiliki kekuatan kontrol dan motor penggerak.

Terbang perdana

Wright Bersaudara membutuhkan mesin yang cukup kuat untuk mengangkat pesawat dari tanah dan mampu menurunkan dengan perlahan. Beberapa kali mereka menghubungi sejumlah produsen mesin, namun tak ada yang sesuai dengan pesawat buatannya.

Mereka sepakat untuk merancang dan membangun mesin buatannya sendiri dengan spesifikasi yang pas dengan model pesawatnya. Wright Bersaudara mendapatkan bantuan temannya seorang ahli mesin Charlie Taylor.

Mereka bertiga berhasil menyatukan mesin 4-silinder dengan 8 tenaga kuda dan mesin bensin yang beratnya mencapai 68 kilogram. Ketika uji pertama blok mesin retak, hingga akhirnya diperbarui dengan menambahkan tenaganya hingga 12 tenaga kuda.

Ketika mesin selesai dan kedua baling-baling dibuat, Wilbur dan Orville menempatkan mesin itu ke dalam pesawat Flyer berbingkai mereka yang baru dibangun. Wright Bersaudara berharap bahwa motor akan cukup kuat untuk mengangkat pesawat.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penemuan Makam Raja Mesir Tutankhamun

Setelah pengetesan pertama pada 14 Desember, tiga hari setelahnya pesawat buatannya mampu mengangkasa. Pukul 10.35 waktu setempat, pesawat ini menjadi catatan sejarah pesawat terbang.

Mereka berdua akhirnya saling bergantian melakukan percobaan penerbangan pesawatnya hingga mendapatkan sorotan dari berbagai media di belahan dunia. Namanya kian tenar dan menjadi sosok yang diketahui banyak orang.

Pada 1905, pesawat mereka bisa melakukan manuver rumit dan berada di udara selama 39 menit. Tiga tahun berikutnya, mereka melakukan perjalanan ke Prancis dan membuat penerbangan publik pertama mereka yang menggembirakan bagi dunia.

Pada 1909, Angkatan Darat AS membeli pesawat yang dibuat khusus dari Perusahaan Pesawat Wright. Pesawat Wright Flyer atau 1903 Flyer yang bersejarah itu kini dipajang permanen di National Air and Space Museum di Washington DC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com