Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Bikin Replika Jet Tempur China untuk "Latihan"

Kompas.com - 16/12/2018, 12:14 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat dikabarkan telah membangun sebuah replika pesawat tempur China dengan ukuran asli, yang disebut akan digunakan untuk tujuan latihan.

Tiruan dari jet tempur Chengdu J-20 Mighty Dragon milik Angkatan Udara China dilaporkan terlihat di sebuah fasilitas militer di Bandara Savannah-Hilton, Georgia, yang merupakan markas pusat kekuatan udara AS, Air Dominance Center (ADC).

Sebuah foto yang menampilkan sebuah jet tempur, yang diduga tiruan J-20, tersebut dirilis oleh situs TheAviatonist.com, pada 7 Desember lalu. Foto itu diklaim diambil dua hari sebelumnya.

Sejumlah pihak awalnya menuduh foto tersebut adalah rekayasa, namun sebuah situs blog militer mengutip pernyataan Komandan ADC, Kolonel Emmanuel Haldopoulos, menyebutkan kebenaran kabar tersebut.

Baca juga: China Unjuk Kemampuan Jet Siluman J-20 Miliknya

"Pesawat tiruan itu adalah replika skala penuh dan berada di Air Dominance Center untuk jangka waktu yang singkat dari 4-6 Desember," tulis pernyataan yang dikutip situs tersebut.

"Korps Marinir AS melakukan pendanaan dan mengarahkan tujuan pelatihan dari perangkat ini. Replika akan digunakan untuk pelatihan darat," tambah pernyataan itu.

Sebuah foto yang tersebar memperlihatkan pesawat yang menyerupai jet J-20 milik China berada di fasilitas militer AS di Savannah-Hilton, Georgia.SCMP / THEAVIATIONIST.com Sebuah foto yang tersebar memperlihatkan pesawat yang menyerupai jet J-20 milik China berada di fasilitas militer AS di Savannah-Hilton, Georgia.
Sebuah pernyataan dari Komando Pendidikan dan Pelatihan Korps Marinir (TECOM) menyebutkan, pihaknya telah dikontrak oleh Kantor Manajemen Sistem Ancaman Angkatan Udara untuk menyediakan tiruan kendaraan dan pesawat udara yang mirip dalam skala penuh untuk beberapa pangkalan Korps Marinir.

"Prototipe pesawat udara itu dibangun oleh kontraktor di LaGrange," bunyi pernyataan yang dikutip pada Jumat (14/12/2018).

"Tiruan awal pesawat udara itu diidentifikasi sebagai jet tempur J-20 yang dibuat untuk bukti konsep dengan rencana pengembangan ancaman pesawat udara dan kendaraan tambahan di masa mendatang," lanjut pernyataan itu.

Jet tempur J-20 adalah pesawat siluman generasi kelima buatan China yang pertama kali diperkenalkan pada 2011. Secara umum, pesawat ini dipandang sebagai pesaing langsung dari jet tempur siluman F-35 milik AS.

Pernyataan dari TECOM menyebut replika jet tempur J-20 telah digunakan dalam sejumlah eksperimen dan pelatihan militer selama berada di pangkalan Savannah.

Baca juga: China Tinggal Selangkah Lagi untuk Produksi Massal Jet Siluman J-20

"(Repilka) itu dibawa ke ADC Savannah, Georgia untuk menjalani evaluasi proses perakitan dan pembongkaran, penanda tekanan, dan persiapan untuk dibawa ke area pelatihan di North Carolina," ujar pernyataan itu.

Namun diketahui, replika tersebut belum dirancang untuk misi latihan terbang maupun pertempuran udara.

Militer AS diyakini bukan baru pertama kali ini membuat replika pesawat maupun kendaraan milik negara lain untuk tujuan pelatihan. Namun sangat jarang terjadi foto-foto tersebut tersebar luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com