Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Israel Tembak Mati Dua Tersangka Penembakan

Kompas.com - 13/12/2018, 18:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEPI BARAT, KOMPAS.com - Tentara Israel menembak mati dua orang Palestina dalam semalam di Tepi Barat.

Kedua korban tewas diduga terlibat dalam dua aksi penyerangan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir di wilayah yang diduduki Israel.

Tujuh orang terluka akibat serangan oleh orang-orang bersenjata di sebuah halte bus di dekat permukiman Ofra di Tepi Barat, pada Minggu (9/12/2018) malam.

Di antara korban ada seorang wanita hamil yang kemudian terpaksa harus melahirkan bayinya secara prematur karena luka yang dialaminya. Bayi itu kemudian dikabarkan meninggal dunia.

Baca juga: Tentara Israel Serbu Stasiun Televisi di Tepi Barat, Tahan Empat Jurnalis

Sebelumnya, dua bulan lalu, dua orang Israel terbunuh dalam penembakan yang diyakini dilakukan seorang warga Palestina.

Badan Keamanan Israel, Shin Bet melaporkan pada Rabu (12/12/2018) malam, dua tersangka pelaku penembakan tersebut telah ditembak mati tentara Israel.

Salah Barghouti (29), yang diduga sebagai pelaku penembakan pada Minggu, telah ditembak mati dalam penggerebekan di desa utara Ramallah.

Tidak diketahui secara rinci peristiwa penggerebekan Barghouti, namun sebuah foto yang beredar menunjukkan sebuah taksi dengan sejumlah lubang peluru di Ramallah.

Dalam operasi terpisah, tersangka penembakan yang membunuh dua orang Israel pada Oktober lalu juga telah ditembak mati tentara Israel di dekat Nablus, utara Tepi Barat.

Tersangka yang tewas diketahui bernama Ashraf Naalwa (23), yang ditembak mati setelah melawan saat hendak ditahan. Demikian dilaporkan Shin Bet.

Kekerasan dan ketegangan yang terjadi di Tepi Barat tengah mengalami peningkatan.

Sebelumnya, pada Senin (10/12/2018), pasukan Israel menyerbu masuk ke Kota Ramallah dan menggerebek sejumlah kantor berita Palestina.

Penggerebekan diduga terkait insiden penembakan yang terjadi di Tepi Barat sehari sebelumnya, yang melukai tujuh orang warga Israel. Demikian dilansir dari AFP.

Baca juga: Cari Pelaku Penembakan, Tentara Israel Geledah Kantor Berita Palestina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com