Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Rambu Pejalan Kaki di Kota Ini Pakai Siluet Elvis Presley

Kompas.com - 10/12/2018, 18:39 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

FRIEDBERG, KOMPAS.com - Sebuah kota di Jerman yang memiliki hubungan sejarah dengan musisi rock and roll, Elvis Presley, memilih cara yang unik untuk menunjukkan penghormatan sekaligus mengenang penyanyi legendaris itu.

Tiga buah lampu rambu pejalan kaki di simpang Elvis Presley Square di Kota Friedberg, dipasang siluet Sang Raja Rock and Roll, sejak Rabu pekan lalu.

Saat lampu menyala merah, tanda pejalan kaki harus berhenti, maka akan terlihat siluet Elvis Presley yang sedang memegang mik.

Sementara setelah lampu menyala hijau, terlihat siluet Elvis dengan gaya menarinya yang khas, yakni kedua telapak kaki jinjit dan satu tangan yang diangkat.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Elvis Presley, King of Rock n Roll

Disampaikan politisi lokal, Marion Gotz, dari Partai Demokratik Sosial (SPD), pemasangan lampu rambu pejalan kaki itu bertujuan untuk menambah daya tarik kota bagi wisatawan.

"Untuk memasang lampu-lampu tersebut kota telah membayar sekitar 900 euro (sekitar Rp 14 juta)," kata Gotz kepada surat kabar lokal Wetterauer Zeitung.

Kota Friedberg yang berada di dekat Frankfurt, memiliki sejarah yang erat dengan sosok Sang Raja Rock and Roll.

Di kota berpenduduk 28.000 jiwa itu, Elvis pernah ditempatkan selama dia bergabung dengan Angkatan Darat AS. Kota tersebut terletak sekitar 26 kilometer arah utara Frankfurt, di Hesse.

Selama ditempatkan di kota itu antara Oktober 1958 hingga Maret 1960, Elvis tinggal di dekat Bad Bauheim.

Di Friedberg pula, Elvis bertemu dengan Priscilla Beaulieu, yang kemudian menjadi istrinya setelah menjalin hubungan selama tujuh tahun.

Pemasangan lampu rambu pejalan kaki ala Elvis Presley itu bertujuan agar warga tidak melupakan sosok penyanyi yang meninggal pada 1977 itu, dan menjaga sejarah hubungannya dengan kota tersebut.

Menurut Gotz, dibutuhkan waktu selama tiga bulan bagi kepolisian kota untuk memberi izin perubahan lampu rambu pejalan kaki itu. Demikian dilansir dari media Jerman, Deutsche Welle.

Baca juga: Rumah Masa Kecil Elvis Presley Akan Dilelang Secara Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com