Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menantu Trump Disebut Nasihati MBS Usai Kematian Khashoggi

Kompas.com - 09/12/2018, 11:50 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jared Kushner terus melanjutkan percakapan pribadinya dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman usai pembunuhan jurnali Jamal Khashoggi.

Demikian laporan dari The New York Times, seperti diwartakan CNN dan Daily Mail, Sabtu (8/12/2018).

Kushner adalah menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang juga menjadi penasihat seniornya dan suami dari Ivanka Trump.

Baca juga: Menantu Trump Kini Tak Bisa Akses Informasi Amat Rahasia

Dia disebut memberikan nasihat kepada Pangeran Mohammed atau MBS tentang bagaimana cara untuk mengatasi masalah setelah kematian Khashoggi.

Meski ada aturan bahwa staf Dewan Keamanan Nasional harus hadir pada semua panggilan telepon dengan pemimpin asing, tapi Kushner dan MBS terus mengobrol secara informal.

Laporan The New York Times itu mengutip dua mantan pejabat senior AS dan dua orang yang diberi pengarahan oleh Saudi.

"Jared selalu cermat mengikuti protokol dan pedoman mengenai hubungan dengan MBS dan smua pejabat asing lain yang berinteraksi dengannya," kata juru bicara Gedung Putih.

Sumber dari Kerajaan Saudi mengklaim keduanya berbicara di telepon setelah berita kematian sang jurnalis pada 2 Oktober lalu di gedung konsulat Saudi di Istanbul.

Sementara, Gedung Putih hanya mengakui satu pembicaraan resmi Kushner dan MBS pada 10 Oktober lalu.

Laporan CNN menyebut, Kushner dan juga Penasihat Keamanan Nasional John Bolton telah melakukan panggilan dengan MBS hampir seminggu, setelah Khashoggi dilaporkan hilang dan penyelidikan tengah digelar.

Baca juga: Soal Aksi Protes Rompi Kuning, Trump Salahkan Perjanjian Iklim Paris

"Mereka meminta rincian lebih lanjut agar pemerintah Saudi transpran dalam proses penyelidikan," kata sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders.

Kushner disebut sebagai pembela MBS terpenting. Alasannya, sang putra mahkota Saudi tetap menjadi kunci bagi kebijakan Timur Tengah pemerintahan Trump.

Trump dan Kementerian Luar Negeri AS belum mencapai kesimpulan akhir tentang siapa yang bertanggung jawab atas kematian Khashoggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com