Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Sean Penn Syuting Film Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

Kompas.com - 06/12/2018, 22:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ISTANBUL, KOMPAS.com - Aktor pemenang Oscar Sean Penn dilaporkan berada di Istanbul, Turki, untuk proses syuting film dokumenter pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Anadolu via Al Jazeera memberitakan, ditemani 10 orang kru dan pengawal pribadi, dia berada di depan Konsulat Saudi di Istanbul Rabu (5/12/2018).

Aktor yang memenangkan Piala Oscar berkat film Mystic River dan Milk itu juga terlihat berada di luar kediaman resmi Konsul Jenderal Saudi.

Baca juga: Turki Ungkap Kurir Saudi dalam Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

Penn, seperti dilansir Daily Sabah, juga dilaporkan berencana untuk bertemu dengan tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, selama kunjungannya.

Bloomberg memberitakan, film dokumenter tentang Khashoggi yang digarap Penn diharapkan bisa meningkatkan kesadaran publik akan pembunuhan jurnalis 59 tahun itu.

Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober oleh tim beranggotakan 15 orang di dalam gedung konsulat ketika mengurus dokumen pernikahan dengan Cengiz.

Setelah sempat bersikukuh Khashoggi sudah meninggalkan gedung, Saudi akhirnya mengakui dia tewas dibunuh dan jenazahnya dimutilasi.

Sumber dari penyelidik Turki mengemukakan jenazah Khashoggi dimutilasi dan dilenyapkan menggunakan cairan asam sebelum dibuang ke saluran air.

Kematian jurnalis yang dikenal sebagai pengkritik Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) itu menimbulkan kecaman dari dunia internasional.

Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) dilaporkan meyakini perintah untuk membunuh Khashoggi datang dari MBS.

Sejauh ini, 21 orang termasuk pejabat keamanan yang diduga berhubungan dengan kasus pembunuhan tersebut telah ditahan otoritas Saudi.

Penn menjadi sosok kontroversial antara lain karena dia pernah membela mendiang Presiden Venezuela Hugo Chavez dengan menyebutnya sebagai sahabat.

Selain itu, dia dan aktris Kate del Castillo pernah mewawancarai gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman dalam tempat persembunyiannya.

Baca juga: Adik MBS Kembali ke AS di Tengah Mencuatnya Kasus Khashoggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com