Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 90 Tersangka Mafia Italia Ditangkap di Eropa dan Amerika Latin

Kompas.com - 05/12/2018, 17:26 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

ROMA, KOMPAS.com - Sekitar 90 orang yang dicurigai sebagai anggota mafia Ndrangheta yang terkenal ditangkap Rabu (5/12/2018) dalam sejumlah penggerebekan di beberapa negara Eropa dan Amerika Latin.

Ndrangheta berasal dari bahasa Yunani yang berarti heroisme, terdiri dari banyak klan keluarga yang berbasis di Calabria, sebuah wilayah pinggiran, pergunungan, dan kurang berkembang.

Baca juga: Otoritas Peringatkan Fenomena Mafia Italia yang Terus Mendunia

Diwartakan AFP, polisi Italia menyebut para tersangka dianggap anggota kunci dari sindikat kejahatan terorganisir yang berbasis di Italia selatan.

Dalam sebuah pernyataan, pihak berwenang Italia mengatakan, mereka dituduh melakukan kejahatan serius, termasuk kegiatan yang terkait dengan perdagangan narkoba internasional.

Operasi pemberantasan mafia itu dilakukan oleh pasukan anti-mafia dan anti-terorisme Italia bekerja sama dengan pemerintah Jerman, Belgia dan Belanda.

Meski polisi terus memantau secara intens dan penangkapan sering dilakukan, namun organisasi mafia tersebut terus memperluas jangkauannya.

Mereka telah melampaui Cosa Nostra dari Sisilia dan Camorra yang berbasis di Naples, dalam pengaruh kontrolnya atas perdagangan kokain.

Ndrangheta bahkan merupakan satu-satunya organisasi mafia yang beroperasi di seluruh benua.

Baca juga: Polisi Italia Tangkap Calon Bos Segala Bos Baru Mafia Sisilia

Operasi pada Rabu lalu digelar usai polisi Italia menangkap bos Cosa Nostra baru Settimino Mineo dan puluhan tersangka lainnya di Sisilia secara besar-besaran.

Jeweler Mineo (80) ditahan bersama dengan setidaknya 45 orang lainnya, tepat sebelum dia ditunjuk sebagai pewaris resmi bos mafia terkenal Toto Riina yang meninggal di penjara tahun lalu.

Pria 80 tahun itu dikenai tuduhan pemerasan, kepemilikan senjata secara ilegal, pembakaran, hubungan dengan mafia, dan kejahatan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com