Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden: Saya Orang Paling Tepat untuk Menjadi Presiden AS

Kompas.com - 05/12/2018, 12:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MONTANA, KOMPAS.com - Mantan wakil presiden AS di masa pemerintahan Barack Obama, Joe Biden, memunculkan spekulasi yang menyebut dirinya bakal maju dalam pencalonan presiden pada 2020.

Mantan anggota senat AS berusia 76 tahun itu menyebut dirinya sebagai orang yang paling tepat untuk menjadi presiden.

"Saya pikir diri saya adalah orang yang paling memenuhi kualifikasi di negara ini untuk menjadi presiden," kata Biden kepada surat kabar lokal, Missoula Current.

"Isu-isu yang dihadapi negara kita saat ini adalah sesuai yang saya kerjakan sepanjang hidup saya, mulai dari penderitaan kelas menengah hingga kebijakan luar negeri," tambahnya, seperti dilansi AFP.

Baca juga: Mantan Presiden AS George HW Bush Meninggal di Usia 94 Tahun

Pernyataan Biden tersebut disampaikannya saat dia berada di Montana, pada Senin (3/12/2018), dalam rangka tur mempromosikan bukunya yang berjudul "Promise Me, Dad".

Buku yang ditulis Biden pada 2017 lalu itu mengisahkan tetang kematian putranya yang bernama Beau, akibat kanker otak.

Biden yang menjabat sebagai wakil presiden selama delapan tahun dari 2009 hingga 2017 itu mengatakan harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan keluarganya sebelum dapat memutuskan apakah akan mencalonkan diri atau tidak.

"Keluarga saya dan diri saya harus memutuskannya sebagai satu kesatuan apakah kami siap. Kami melakukan segalanya sebagai sebuah keluarga," kata dia.

Biden menambahkan baru akan dapat membuat keputusan tersebut dalam enam pekan hingga dua bulan ke depan.

"Saya mungkin pernah melakukan kesalahan, tetapi tentu akan lebih baik jika dibandingkan dengan seseorang yang bahkan tidak bisa menyampaikan kebenaran," ujar Biden dalam referensinya kepada Presiden AS Donald Trump.

"Tidak ada yang meragukan apa yang saya katakan. Yang menjadi permasalahan justru karena terkadang saya mengatakan semua yang saya maksudkan."

"Pertanyaannya sekarang adalah, akan menjadi negara seperti apa kita? Kita tidak bisa menunggu empat tahun lagi," tambahnya.

Jika akhirnya Biden memutuskan untuk maju dan mencalonkan diri, maka dia bisa menjadi kandidat kuat dalam pencarian kandidat oleh Partai Demokrat untuk calon presiden 2020.

Baca juga: Terbukti Korupsi, Mantan Presiden Korsel Divonis 15 Tahun Penjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com