Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Italia Tangkap Calon "Bos Segala Bos" Baru Mafia Sisilia

Kompas.com - 04/12/2018, 20:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PALERMO, KOMPAS.com - Kepolisian Italia dilaporkan menangkap seorang pria yang merupakan calon bos baru keluarga mafia terkenal di Sisilia.

Dilaporkan AFP Selasa (4/12/2018), Settimo Mineo ditangkap bersama 45 orang lainnya ditangkap sebelum Komisi Mafia atau Cupola diadakan.

Baca juga: Bos Segala Bos Mafia Italia Meninggal di Sel Penjara

Pria 80 tahun itu dikenai tuduhan pemerasan, kepemilikan senjata secara ilegal, pembakaran, hubungan dengan mafia, dan kejahatan lain.

"Tidak ada ruang bagi sampah seperti ini di Italia," kata Wakil Perdana Menteri Luigi Di Maio di Instagram dikutip The Guardian.

Mineo yang merupakan seorang penjual perhiasan adalah kepala keluarga mafia lokal di Palermo. Mei lalu, dia dipromosikan menjadi pemimpin Perkumpulan Cosa Nostra.

Pertemuan yang berlangsung pada 29 Mei tersebut merupakan pertemuan pertama salah satu organisasi kriminal terbesar Italia itu dalam 25 tahun terakhir.

Cupola yang sedianya dilaksanakan pada Selasa ini seharusnya menjadi momen penegasan status Mineo sebagai bos baru Cosa Nostra.

Jaksa Penuntut Palermo Francesco Lo Voi berkata, penangkapan itu tak lepas dari penyadapan telepon salah satu anggota senior Cosa Nostra, Francesco Colletti.

Kepada sopirnya, Colletti memberi tahu detil rencana pertemuan 29 Mei di mana dia menyebut "pertemuan indah yang berlangsung serius dan dihadiri orang dari seluruh negeri".

Lo Voi menyadari pertemuan itu adalah Cupola topik utama yang bakal dibahas adalah tentang pedoman serta aturan Cosa Nostra.

"Selain itu, pertemuan tersebut hanya dihadiri bos regional. Para petinggi meski mereka kepala keluarga, tak diizinkan ikut," kata Lo Voi.

Dia melanjutkan, Cupola tersebut bertujuan untuk membangkitkan kembali Cosa Nostra pasca-kematian bos besar mereka, Salvatore "Toto" Riina.

Riina, yang disebut pemimpin terkejam Cosa Nostra, meninggal dalam usia 87 tahun di penjara Parma pada 17 November 2017.

Baca juga: Rayakan Kebebasan dari Penjara, Bos Mafia Rusia Malah Ditembak Mati

Bos yang mendapat julukan Toto u Curtu (Toto Si Pendek), La Belva (Binatang Buas), dan Il Capo dei Capi ( Bos dari Segala Bos) meninggal dengan menanggung 26 vonis seumur hidup.

Mineo sempat ditangkap pada 1984 sebagai bagian dari penyelidikan yang dilakukan jaksa Giovanni Falcone, dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara.

Setelah Falcone tewas dalam bos mobil pada 1992, Mineo kembali ditangkap pada 2006 dan harus mendekam di penjara selama 11 tahun.

"Dengan operasi luar biasa di Palermo, polisi berhasil menghancurkan satu lagi Cupola baru Cosa Nostra," ujar Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini.

Baca juga: Bos Mafia di Meksiko Ditembak Musuh Saat Hendak Operasi Plastik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com