Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari 2019, Orchard Road di Singapura Bakal Bebas dari Asap Rokok

Kompas.com - 03/12/2018, 06:42 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SINGAPORE, KOMPAS.com - Para warga maupun pengunjung Orchard Road di Singapura mulai tahun depan akan dilarang untuk merokok di sepanjang ruas jalan tersebut.

Para perokok akan diharuskan untuk menuju area khusus yang disediakan di sekitar 40 lokasi yang tersebar antara Tanglin Mall hingga Plaza Singapura, sebelum dapat melakukan aktivitas merokok.

Hal tersebut menyusul keputusan pemerintah Singapura untuk menjadikan salah satu kawasan perbelanjaan utama itu sebagai kawasan bebas asap rokok mulai Januari 2019.

Steve Goh, Direktur Eksekutif Asosiasi Bisnis Orchard Road (ORBA), mengatakan rencana  penerapan kawasan dilarang merokok akan membantu meningkatkan pengalaman pengunjung secara umum.

"Pengunjung yang bukan perokok akan menyambut jalanan Orchard Road yang bebas dari asap rokok, sementara para perokok mendapat pilihan untuk merokok di area khusus yang berjarak antara 100 hingga 200 meter," kata Goh, dilansir Channel News Asia, Senin (3/12/2018).

Baca juga: Terburuk Sejak 2016, Okupansi Mal di Orchard Road Merosot

Badan Lingkungan Nasional (NEA), dalam siaran pers pada Rabu (28/11/2018) lalu menyatakan, membangun area khusus merokok akan menjaga jalanan utama di Orchard Road bebas dari asap rokok yang akan bermanfaat bagi para pengunjung.

Beberapa area khusus merokok yang telah disiapkan terletak di tempat-tempat seperti Far East Plaza, Ngee Ann City, dan Wheelock Place.

Area khusus merokok tersebut berukuran antara 10 hingga 12 meter dan berlokasi terpisah dari jalan utama.

Dr Clive Tan dari Akademi Pengobatan Singapura menilai banyak dampak positif dari pemberlakukan area khusus merokok, baik bagi perokok maupun warga yang tidak merokok.

"Bagi perokok, harus menuju area khusus merokok akan membantu mereka menahan aktivitas merokok dan ini akan membantu mereka yang ingin berhenti," kata Dr Tan.

"Sementara bagi warga yang tidak merokok akan dapat mengetahui tempat-tempat yang harus mereka hindari agar tidak terkena asap rokok. Saat ini perokok hampir ada di semua tempat dan nyaris mustahil untuk menghindarinya," tambahnya.

Aturan pengendalian rokok di kawasan belanja utama di Singapura sebenarnya telah dimulai sejak 2015 lalu dengan persiapan untuk membawa kawasan tersebut bebas asap rokok pada Juli 2018.

Baca juga: Sepi Pengunjung, Orchard Road Singapura Bukan Lagi Surga Belanja

Namun penerapannya telah tertunda selama enam bulan untuk memberi lebih banyak waktu setelah menerima tanggapan dari para pelaku bisnis.

Hal ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah Singapura dalam mencapai tujuan jangka panjang yakni melarang perokok untuk merokok di tempat-tempat umum selain di area khusus yang disediakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com