Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Desember 1913, Ford Memperkenalkan Perakitan Mobil Pertama

Kompas.com - 01/12/2018, 13:16 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 105 tahun yang lalu, tepatnya pada 1 Desember 1913, pabrikan otomotif Amerika Serikat, Ford, memperkenalkan perakitan mobil pertama untuk produksi massal seluruh mobilnya.

Henry Ford selaku pemilik Ford menyatakan bahwa inovasi perakitan ini akan memberikan efisiensi waktu untuk membangun sebuah mobil.

Pada awalnya, merakit satu mobil membutuhkan waktu 12 jam. Dengan hadirnya sistem perakitan, maka mampu memangkas waktu menjadi 2 jam 30 menit untuk merakit sebuah mobil.

Menghemat waktu

Sebelum abad ke-20, pembuatan mobil dan kendaraan lain merupakan proses yang rumit karena tiap unit dibuat secara manual.

Dilansir dari History.com, mobil tetap menjadi sesuatu yang eksklusif karena tak semua manusia bisa memilikinya. Harga menjadi sesuatu yang dipertimbangkan seseorang dalam membeli mobil.

Pada 1908, Ford memperkenalkan model-T nya kepada publik. Mobil itu hanya tersedia untuk orang kaya AS mengingat biaya produksi yang tinggi. Ketika itu harga mobil sekitar 850 dollar.

Ada sebuah keinginan untuk memperbanyak produksi mobil dari Henry Ford. Salah satunya adalah menurunkan harga mobil dengan cara membuatnya lebih cepat dan efisien.

Usaha Ford Motor Company untuk mengurangi biaya produksi dengan meningkatkan produktivitas membutuhkan terobosan yang akan membuat impian Henry Ford menjadi kenyataan.

Sebuah jalur perakitan yang bisa bergerak akan mampu menjawab semua keinginan Ford. Perakitan ini akan mempu mengubah industri dan memangkas waktu produksi.

Terinspirasi oleh metode produksi bergerak yang digunakan oleh pabrik penggilingan, pabrik pengalengan, dan pabrik roti, Ford memasang jalur bergerak untuk potongan-potongan proses manufaktur produksinya.

Pekerja di lini perakitan pertama yang bergerak di Ford Motor Companyedn Pekerja di lini perakitan pertama yang bergerak di Ford Motor Company

Hasilnya Ford Motor Company menggunakan teknik lini perakitan baru untuk memproduksi magnet roda di unit pabrik Highland Park. Setelah itu, sasis model-T bisa disatukan menggunakan teknik ini.

Sistem gerakan cepat ini mengurangi jam kerja yang dibutuhkan untuk mengerjakan mobil. Model-T yang awalnya membutuhkan lebih dari 12 jam untuk diselesaikan, setelah itu hanya membutuhkan sekitar 2 jam 30 menit.

Banyak dipesan

Seiring waktu, biaya produksi model-T turun drastis dan bisa memproduksi banyak mobil. Model-T segera menjadi mobil dengan permintaan yang luar biasa dari berbagai segmen masyarakat.

Dalam tiga tahun, harga biaya model-T turun drastis menjadi sekitar 300 dolar dan permintaan menjadi sangat banyak. Antara 1913 dan 1927, lebih dari 15 juta mobil model T diproduksi.

Jalur perakitan bergerak menandai titik balik dalam pertumbuhan era industri, baik di AS dan tempat lain di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com