Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2018, 18:04 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ibu negara yang biasa disebut sebagai first lady merupakan istri seorang kepala atau pemimpin sebuah negara.

Sebagai ibu negara, mereka mendapatkan hak-hak khusus sebagai pasangan dari raja, presiden, atau perdana menteri, yang biasanya tinggal di lingkungan istana.

Secara umum, para istri petinggi negara berasal dari lingkup dunia yang kurang lebih sama, bisa dari latar belakang politik, militer, ningrat, atau akademisi.

Namun, tidak sedikit juga mereka yang berasal dari dunia yang sangat bertolak belakang, misalnya dunia seni dan hiburan. Tentu saja dengan catatan bahwa ada juga politisi yang berasal dari dunia hiburan seperti Presiden ke-40 Amerika Serikat Ronald Reagen.

Dari sekian banyak first lady di berbagai negara dunia, berikut ini lima sosok ibu negara yang berasal dari dunia seni dan hiburan.

1. Melania Trump (Amerika Serikat)

Tampilan Melania Trump sata perayaan Thanksgiving Tampilan Melania Trump sata perayaan Thanksgiving

Pertama, adalah First Lady of The United States (FLOTUS), Melania Trump yang merupakan istri dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Melania lahir pada 26 April 1970 dengan nama Melanija Knavs. Sebelum menjadi Ibu Negara Amerika Serikat, Melania merupakan seorang model busana Slovenia-Amerika.

Dia menjadi seorang model melalui agensi di Milan dan Paris, kemudian pada 1996 Melania pindah ke New York dan karier modelnya dilanjutkan melalui Irene Marie Models dan Trump Model Management.

Pada 2001, Melania mulai tinggal menetap di AS hingga akhirnya dinyatakan resmi sebagai seorang warga negara AS setelah naturalisasi pada 2006.

Saat suaminya, Donald Trump, terpilih menjadi orang nomor satu di Amerika pada awal 2017, saat itu pula Melania dinobatkan menjadi FLOTUS atau Ibu Negara Amerika Serikat.

Namun, saat ini Melania sudah meninggalkan kegiatannya di dunia modelling.

2. Angelica Rivera (Meksiko)

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto bersama ibu negara, Angelica Rivera saat tiba di Brisbane, Australia untuk menghadiri KTT G-20 pada 15 November 2014.PATRICK HAMILTON / G20 AUSTRALIA / AFP Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto bersama ibu negara, Angelica Rivera saat tiba di Brisbane, Australia untuk menghadiri KTT G-20 pada 15 November 2014.
Selanjutnya, masih datang dari Benua Amerika, kali ini dari Meksiko. Ibu Negara Meksiko saat ini adalah Angelica Rivera, yang merupakan mantan aktris telenovela, model, dan penyanyi di negaranya.

Ia merupakan isteri dari Presiden Meksiko sekarang, Enrique Peña Nieto.

Rivera mulai ada di dunia hiburan sejak 1988 dan sudah memainkan sejumlah peran di berbagai judul telenovela.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com