Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah Menyala, Pohon Natal ala Ibu Negara AS Melania Trump

Kompas.com - 29/11/2018, 17:54 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pohon natal biasanya identik dengan pohon cemara berwarna hijau yang dihiasi beragam pernak-pernik meriah berbagai warna. Banyak juga pohon natal berwarna putih, karena Natal jatuh bertepatan dengan datangnya musim dingin di berbagai belahan dunia.

Namun, ada yang berbeda dengan pohon natal di Istana Kepresidenan Amerika Serikat pada perayaan Natal tahun ini.

Ya, Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump, mengumumkan dekorasi Gedung Putih pada musim Natal tahun ini melalui sebuah video singkat di akun Instagramnya @flotus.

Salah satu bagian lorong di Gedung Putih dihiasi dengan pohon natal berwarna merah terang yang terletak di sisi kanan dan kirinya. Pohon-pohon itu berdiri tegak tanpa dihiasi pernak-pernik apa pun.

Baca juga: Melania Trump Sebut Dirinya Orang Paling Tertindas di Dunia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by First Lady Melania Trump (@flotus) on Nov 26, 2018 at 6:12am PST

Kesan mewah dan unik tentu terlihat dari konsep pohon natal ala Melania ini. Kerucut-kerucut pohon natal buah beri merah ini dipadukan dengan dominasi dinding berwarna putih dan karpet yang berwarna hijau.

Dikutip dari ABC News, rancangan pohon natal merah ini dirancang oleh seorang floris asal Ohio, yaitu Vickie Wenstrup. Ia terpilih untuk mendekorasi salah satu sudut Gedung Putih itu, dari belasan lainnya yang mencalonkan diri.

Makna warna merah, menurut pihak Gedung Putih, diambil dari warna yang terdapat pada lambang negara, setrip merah-putih, yang menunjukkan kegagahan dan keberanian.

Banyak netizen yang menyukai desain pohon natal ala Melania Trump itu. Beberapa dari mereka mengungkapkannya melalui komen Instagram.

Misalnya akun bernama @spaindiva13 yang memberikan pujian karena dekorasi Natal kali ini yang terlihat berbeda.

"Berkelas, elegan, dan meriah. Tidak seperti biasanya," tulisnya.

"Sangat menakjubkan, saya suka semua pohon merah itu," tulis akun lain, @joubaierjoubert.

Pohon natal merah, ide dari Melania Trump hiasi salah satu lorong di Gedung Putih.Reuters/Leah Millis Pohon natal merah, ide dari Melania Trump hiasi salah satu lorong di Gedung Putih.

Namun, ada pula beberapa pendapat yang berlawanan dengan apa yang disampaikan kebanyakan netizen

Dilansir dari The Guardian, pelopor psikologi desain, dr Toby Israel, menyebut pemilihan warna merah pekat itu membuyarkan makna pohon natal yang berwarna hijau alami.

"Sebagai contoh, kita biasa menggunakan pohon natal berwarna hijau, itu tentang alam, hijau adalah warna terbaik yang ditawarkan alam. Sementara benda tingi berwarna merah ini, saya tidak akan menyebutnya sebagai pohon yang menghubungkan kita dengan alam semesta," kata Toby.

Menurut dia, warna merah tidak hanya terlihat berbeda, namun memiliki arti kemarahan, darah, dan kekejaman.

Meski demikian, semoga warna merah yang dipilih Melania Trump ini tidak mengaburkan makna Natal yang penuh kedamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com