Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berumur Lebih dari 1.800 Tahun, Ini Resep Paling Tua di Dunia

Kompas.com - 29/11/2018, 12:42 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BOZHOU, KOMPAS.com - Apakah resep paling tua yang pernah dicatat dalam peradaban manusia? Guinness World Records belum lama ini telah menganugerahi sebuah cara penyulingan minuman alkohol di China sebagai resep alkohol tertua yang terdokumentasi.

Melansir dari situs resmi Guinness World Records, hasil penelusuran terhadap resep penyulingan alkohol itu, diketahui jika metode yang digunakan telah ada sejak 1.822 tahun lalu.

Metode yang disebut dengan penyulingan alkohol China Jiuyun atau Jiu Yun Chun Fa tersebut pertama tercatat dalam sebuah buku kuno, Qi Min Yao Shu atau Arts of the People, yang diterbitkan pada tahun 196 Masehi.

Buku yang ditulis oleh Jia Sixie selama era Dinasti Han Timur itu terdiri dari 10 jilid dan dikenal sebagai ensiklopedia terknologi pertanian China kuno.

Baca juga: Ahli Tegaskan, Tak Ada Ukuran Masih Aman untuk Alkohol

Dalam buku itu tertulis dan dijelaskan secara lengkap teknik dan produksi paling awal yang digunakan oleh para petani pada masa itu.

Metode penyulingan yang digunakan, seperti dimuat dalam buku tersebut, memanfaatkan iklim musim panas yang digabungkan dengan teknik unik untuk memeram yang dapat memperpanjang periode fermentasi.

Hasilnya adalah alkohol dengan aroma yang kuat dan khas.

Metode penyulingan itu menggunakan sumber mata air setempat yang memiliki rasa manis.

Alkohol yang dihasilkan melalui metode penyulingan ini terkenal karena jernih seperti kristal, harum, dan murni. Selain itu rasanya lembut, menyegarkan, dan rasanya bertahan lama.

Kendati telah berusia ribuan tahun, teknik penyulingan alkohol ini masih dipraktikkan hingga kini, salah satunya oleh perusahaan Anhui Gujing Distillery, yang berada di kota Bozhou, Provinsi Anhui.

Perusahaan itu menggunakan metode penyulingan kuno tersebut untuk memproduksi Gujinggong Liquor, yang dikenal sebagai satu dari delapan minuman alkohol yang terkenal di China dan memiliki sejarah lebih panjang daripada teh.

Penyerahan sertifikat resep tertua di dunia diberikan Guinness bertepatan dengan upacara musim gugur pembuatan minuman alkohol Gujinggong di Bozhou pada 18 September 2018 lalu.

Baca juga: Kisah Ambrosia, Kumbang-Kumbang Unik yang Cinta Alkohol

"Sertifikat dari rekor ini telah melalui komunikasi serta penelitian jangka panjang dan mendalam oleh departemen manajemen rekor bersama ahli minuman keras dan pakar sejarah, yang merupakan pencapaian signifikan lain dalam budaya anggur China," kata Blythe Fitzwiliam, Wakil Direktur Bisnis Global Guinness World Records.

"Sebagai produsen utama dan konsumen alkohol yang disuling, China telah memainkan peranan penting dalam industri penyulingan alkohol dunia," tambahnya, dikutip GB Times.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com