Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tensi dengan Rusia Memanas, Ukraina Minta NATO Kirim Kapal Perang

Kompas.com - 29/11/2018, 12:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

KIEV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Petro Poroshenko meminta Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk mengirim angkatan lautnya.

Permintaan itu diajukan di tengah ketegangan Ukraina dan Rusia pasca-insiden yang terjadi di Selat Kerch pada Minggu (25/11/2018).

Baca juga: Putin Tuduh Presiden Ukraina Provokasi demi Popularitas Jelang Pemilu

Saat itu, dua kapal artileri ringan dan satu kapal tongkang Ukraina ditembaki dan disita, sementara para pelautnya ditawan Rusia.

Kepada harian Jerman Bild via BBC Kamis (29/11/2018), Poroshenko berkata Presiden Rusia Vladimir Putin ingin menguasai Laut Azov.

Secara khusus dia meminta Jerman sebagai sekutu dekat maupun negara NATO lainnya mengirim kapal perang ke Laut Azov untuk membantu keamanan Ukraina.

Poroshenko menyebut agresi yang dilakukan Kremlin sudah tidak bisa diterima. Dia mencontohkan Crimea yang dicaplok pada 2014.

"Kemudian utara Ukraina, kini Azov. Jerman seharusnya paham. Siapa yang bakal diincar Putin jika kami tidak berusaha  menghentikannya?" tanya Poroshenko.

NATO belum memberi komentar atas pernyataan Poroshenko. Namun sebelumnya, Sekjen NATO Jens Stoltenberge mendesak Rusia membebaskan kapal dan pelaut Ukraina.

Stoltenberge menegaskan Moskwa harus menyadari konsekuensi atas aksi yang mereka lakukan, dan berujar bakal terus memberikan dukungan kepada Kiev.

Kapal-kapal itu tengah berlayar dari Odesaa menuju Mariupol, kota pelabuhan Ukraina di Azov, ketika kapal Badan Keamanan Rusia (FSB) menghadang.

Berdasarkan perjanjian 2003, kedua negara sepakat untuk berbagi Laut Azov. Namun keputusan Moskwa membuka jembatan di Kerch memperkeruh situasi.

Kiev telah merilis peta pada Rabu (28/11/2018) di mana posisi kapal itu berada di luar teritori Crimea saat insiden tersebut berlangsung.

Sementara Putin bersikukuh militernya mempunyai hak karena melihat kapal AL Ukraina telah melanggar kedaulatan mereka.

Baca juga: Tentaranya Tahan Tiga Kapal Ukraina, Putin: Mereka Hanya Melakukan Kewajiban

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com