Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ukraina: Negara Kami dalam Ancaman Perang dengan Rusia

Kompas.com - 28/11/2018, 11:11 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Petro Poroshenko memperingatkan insiden di Laut Hitam bisa memberi dampak yang lebih besar.

Dalam wawancaranya dengan televisi nasional dikutip AFP Selasa (27/11/2018), Poroshenko memperingatkan negaranya berada dalam ancaman konflik militer dengan Rusia.

Baca juga: Presiden Ukraina Minta Trump Sampaikan Pesan Khusus Ini kepada Putin

"Saya tidak ingin ada yang menganggap ini lucu. Saat ini Ukraina berada dalam ancaman perang skala besar dengan Rusia," kata Poroshenko.

Dia menjelaskan telah memperoleh informasi bahwa unit darat Rusia yang ditempatkan di perbatasan mengalami peningkatan. Begitu juga jumlah tank.

Dia mengatakannya setelah tiga kapal perang Ukraina ditembaki dan disita Angkatan Laut Rusia di Selat Kerch dekat Laut Hitam pada Minggu (25/11/2018).

Pengadilan Simferopol, kota di Crimea, memerintahkan 12 pelaut Ukraina untuk menjalani persidangan awal sebelum ditahan selama dua bulan.

Moskwa menuduh ketiga kapal perang itu sudah melintasi perairan mereka secara ilegal dan tidak mengindahkan peringatan dari pasukan penjaga pantai.

Insiden itu memunculkan kekhawatiran akan adanya konflik lebih besar sejak 2014 yang berujung kepada tewasnya sekitar 10.000 orang.

Kiev mendesak agar para pelaut mereka dibebaskan dan meminta dunia Barat untuk menjatuhkan sanksi kepada Negeri "Beruang Merah".

Adapun Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan agar Ukraina tidak melakukan "tindakan gegabah" setelah Kiev mengumumkan undang-undang darurat militer.

UU itu memberikan wewenang kepada pemerintah untuk membatas media, kebebasan berpendapat, maupun mengerahkan warga yang mempunyai pengalaman militer.

Dalam pembicaraan telepon dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Putin menyampaikan dia sangat serius memperhatikan penetapan UU tersebut.

Putin berkata, dia berharap kepada Jerman supaya membujuk Ukraina agar tidak melakukan sebuah aksi yang sangat ceroboh.

Baca juga: Rusia Pamerkan Tiga Pelaut Ukraina yang Ditangkap di Selat Kerch

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com