Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertarung Lawan Atlet Kickboxing, Master Tai Chi Tumbang dalam 5 Detik

Kompas.com - 25/11/2018, 08:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

SUZHOU, KOMPAS.com - Seorang ahli bela diri tradisional tai chi di China tumpang hanya dengan satu pukulan saat bertarung dengan atlet kickboxing.

Pertarungan itu pun hanya berlangsung selama lima detik sebelum wasit mengumumkan kemenangan diraih oleh atlet kickboxing.

Melansir dari SCMP, pertarungan lintas disiplin ilmu bela diri tersebut digelar oleh Shengshi Yinghao Club di kota Suzhou, China timur.

Dalam pertarungan yang digelar awal November lalu itu, Zhu Chunping (47), yang telah berlatih tai chi selama puluhan tahun, tumbang dari Yao Hantian (22), yang baru mempelajari kickboxing selama enam bulan.

Baca juga: Pria Kuwait Serang Bocah yang Kalahkan Anaknya dalam Laga Kickboxing

Zhu bahkan langsung tumbang setelah menerima satu pukulan dari Yao. Petugas medis pun segera masuk ke dalam ring untuk memeriksa keadaan Zhu.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, Master Zhu baik-baik saja. Dia kembali pulih satu menit kemudian dan dapat berjalan sendiri menuruni ring," kata Li Yong, direktur Shengshi Yinghao Club, yang juga pelatih Yao.

Li mengaku dirinya maupun pihak penyelenggara tidak menyangka jika pertarungan tersebut dapat berakhir dengan sangat cepat.

Menurutnya, Zhu adalah ahli tai chi yang juga menguasai sejumlah senjata tradisional seperti pedang dan tongkat.

Li menegaskan, pihaknya menggelar pertarungan tersebut tidak bertujuan untuk membandingkan antara kedua ilmu bela diri dan menentukan mana yang lebih baik.

Dia juga menyebut baik tai chi maupun kickboxing memiliki kelebihan masing-masing dan pertarungan itu digelar demi perkembangan kedua ilmu bela diri.

"Tai chi dapat meningkatkan kesehatan dan mengendalikan temperamen pelakunya. Juga memiliki banyak filosofi seni bela diri di dalamnya," kata Li.

"Selain itu, banyak teknik dalam kickboxing yang berasal dari tai chi, seperti shoulder roll dan cara Anda menggunakan kekuatan saat menendang. Ini adalah bagian penting dari tinju modern," tambahnya.

Selain pertarungan antara Zhu dengan Yao, pada kesempatan itu, juga digelar tujuh pertandingan kickboxing dan satu pertandingan MMA. Laga itu disaksikan oleh sekitar 1.500 penonton.

Beberapa bulan sebelumnya, di China juga ramai diperbincangkan pertarungan antara atlet MMA Xu Xiaodong yang mengalahkan master tai chi Wei Lei dalam waktu 11 detik.

Hal itu memicu kemarahan sejumlah orang kepada Xu yang dianggap telah merendahkan martabat seni bela diri China.

Baca juga: Atlet Tarung Bebas Hadapi 8 Penodong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com