Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Pitbull Serang Sekelompok Anak di Taman Sekolah, 15 Terluka

Kompas.com - 23/11/2018, 19:10 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

OKLAHOMA, KOMPAS.com - Insiden penyerangan belasan anak oleh seekor anjing terjadi di taman bermain sekolah di Oklahoma, Senin (19/11/2018) lalu.

Setidaknya 15 anak dari kelas tiga dan empat Sekolah Dasar Fillmore menjadi korban penyerangan seekor anjing pitbull campuran yang lepas.

Melansir dari New York Post, setidaknya 12 anak harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan usai serangan tersebut.

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 siang waktu setempat. Anjing berwarna coklat putih yang tidak diketahui pemiliknya itu mendadak muncul di lapangan bermain sekolah dan mulai menyerang para siswa.

Baca juga: Diserang Anjing Pitbull Peliharaan Keluarga, Bayi Usia 9 Bulan Tewas

"Saat kejadian, ada 28 anak dan tiga staf pengajar di taman tersebut," kata salah seorang pejabat sekolah kepada media setempat.

Anjing ganas itu sempat mengejar para siswa hingga ke lorong sekolah dan baru dapat dihentikan setelah seorang guru bertindak dan menahannya.

Anjing tersebut kemudian dibawa oleh Dinas Kesejahteraan Hewan untuk diamankan. Sementara anak-anak yang terluka dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans dan mobil orangtua siswa.

Dilaporkan sejumlah anak harus mendapat jahitan pada lukanya yang diakibatkan gigitan anjing maupun karena berlari menyelamatkan diri.

Menurut petugas dari dinas kesejahteraan hewan, Jon Gary, anjing pit bull yang menyerang anak-anak bukan anjing liar. Namun pihaknya juga belum dapat menemukan pemilik anjing tersebut.

"Anjing itu dalam keadaan sehat, tidak berpenyakit dan tampaknya bukan anjing liar. Tapi kami juga tidak dapat menemukan ada informasi identitas," kata Gary.

Petugas saat ini masih mencoba mencari pemilik anjing tersebut dan jika sampai dengan batas waktu pemilik anjing tidak juga muncul atau ditemukan, maka pihak penampungan dapat memutuskan untuk menyuntik mati anjing tersebut.

"Tapi jika seseorang yang mengaku sebagai pemiliknya muncul, maka korban dapat mengajukan keluhan anjing yang berbahaya dan kasus ini dapat dibawa ke pengadilan."

"Selanjutnya, hakim yang akan memutuskan apakah perlu untuk menyuntik mati anjing itu atau mengharuskan pemilik mengebiri anjing itu atau mungkin kondisi lainnya," kata Gary.

Baca juga: Perempuan di AS Tewas Dimangsa Anjing Pitbull Peliharaannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com