Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kutuk Keras Serangan Gedung Konsulatnya di Pakistan

Kompas.com - 23/11/2018, 16:08 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China mengutuk keras serangan di gedung konsulatnya di Karachi, Pakistan, yang menewaskan dua petugas polisi.

Selain itu, pemerintah juga menyerukan kepada negara sekutunya tersebut memastikan keselamatan warga China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan, seluruh staf konsulat dan keluarganya selamat, menyusul serangan penembakan yang diklaim oleh kelompok separatis.

"China secara keras mengutuk segala serangan kekerasan terhadap lembaga diplomatik," kata Geng, Jumat (23/11/2018), seperti dikutip dari AFP.

Baca juga: Kelompok Separatis Pakistan Klaim Serangan ke Konsulat China

"Kami meminta Pakistan mengambil langkah untuk memastikan keselamatan warga China dan institusi," imbuhnya.

Seperti diketahui, tiga pria bersenjata menyerang konsulat China pada Jumat pagi dan terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan yang kemudian menembak mereka.

Geng menyatakan, pelaku tidak masuk ke konsulat dan baku tembak terjadi di luar gedung.

"Kami mengapresiasi tinggi upaya dari pihak Pakistan," ucapnya, ketika ditanya soal respons Pakistan terhadap serangan tersebut.

Kelompok separatis dari provinsi Balochistan di wilayah selatan Pakistan, Tentara Pembebasan Balochistan (BLA) mengklaim dalangi teror itu.

"Kami menyatakan bertanggung jawab dan aksi ini akan terus berlangsung," ujar juru bicara BLA Geand Baloch kepada AFP lewat saluran telepon.

Insiden ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian serangan terhadap warga negara China, termasuk pekerja yang terlibat dalam proyek infrastruktur bernilai miliaran dollar.

Komitmen ekonomi China-Pakistan

Geng mengatakan serangan tidak akan memengaruhi komitmen Beijing terhadap Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), yang berusaha menghubungkan provinsi Xinjiang dengan pelabuhan Laut Arab di Gwadar, Balochistan.

"China dan Pakistan adalah mitra strategis semua cuaca," tuturnya.

Sejak awal proyek, militan telah berulang kali menyerang lokasi konstruksi, meledakkan banyak saluran pipa gas dan kereta api, dan menargetkan pekerja China.

Baca juga: Konsulat China di Karachi Diserang, 2 Polisi Pakistan Tewas

Pada Agustus tahun ini, tiga warga negara China termasuk di antara enam orang yang terluka dalam serangan bunuh diri di bus yang membawa para insinyur China yang bekerja di proyek pertambangan di Balochistan.

Serangan tersebut juga diklaim oleh BLA.

"Kami sangat menghargai upaya besar yang dilakukan Pakistan untuk menjaga Koridor Ekonomi China-Pakistan, dan keamanan warga serta organisasi China di Pakistan," kata Geng.

"Kami juga yakin, Pakistan akan terus mengambil langkah-langkah efektif guna memastikan pembangunan Koridor Ekonomi China-Pakistan yang aman dan lancar," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com