Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pisau Unik hingga Ranjau Darat, Banyak Benda Aneh Disita Pihak Bandara di AS

Kompas.com - 23/11/2018, 11:08 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber Wired

KOMPAS.com - Transportation Security Administration (TSA) atau Badan Keamanan Transportasi menjadi instansi terdepan dalam pengamanan bandara di Amerika Serikat.

Dengan demikian, TSA punya otoritas untuk menyita sejumlah benda yang dianggap dapat membahayakan penerbangan.

Benda sitaan TSA itu banyak juga yang unik dan terbilang tak lazim. Misalnya, pisau berbentuk pistol, topeng gas berhiaskan peluru, bahkan ranjau darat anti-tank.

Masker gas dihiasi peluru yang disita petugas Bandara Internasional Miami.TSA Masker gas dihiasi peluru yang disita petugas Bandara Internasional Miami.
Selain itu, ada juga penumpang yang membawa pistol berukuran 9mm yang dimasukkan ke dalam laptop atau sekantong tembakau yang diselundupkan dalam kaleng Coke tiruan.

Dilansir dari Wired, beberapa calon penumpang tampaknya tidak memperhatikan memo yang berisi peraturan penerbangan.

Dengan demikian, kemungkinan mereka menganggap benda-benda tak lazim itu bisa dibawa ke dalam kabin pesawat.

Ranjau darat anti-tank yang ditemukan petugas Bandara Internasional Austin Bergstrom.TSA Ranjau darat anti-tank yang ditemukan petugas Bandara Internasional Austin Bergstrom.
Penemuan benda unik lainnya pun diunggah oleh akun resmi Instagram TSA, @tsa. Misalnya, mereka mengunggah foto sebilah pisau dengan gagang yang ada hiasan ikan di dalam cairan resin.

Adapun pisau ini terbungkus dengan aman dalam sarung pisau.

"Tentu ada sesuatu yang mencurigakan dengan pisau ini. Intinya, pisau ini ditemukan di pos pemeriksaan keamanan bandara, pisau ini dikemas dalam tas yang diperiksa," tulis admin akun TSA dalam unggahannya.

Pihak TSA juga mengimbau bahwa jika berencana ingin berpergian dengan membawa pisau, sebaiknya pisau diletakkan dalam koper yang akan diperiksa. Dengan syarat, pisau tersebut dibungkus dengan aman untuk mencegah cedera.

Sementara, TSA juga membuat akun Instagram, @ask.tsa untuk memudahkan calon penumpang bertanya mengenai benda-benda apa saja yang sekiranya lolos pemeriksaan di bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com