Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Populer: Pesawat Nyaris Celaka hingga Suku Terasing Mengerikan

Kompas.com - 23/11/2018, 06:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Di Kepulauan Andaman dan Nicobar India, hidup sebuah suku pedalaman yang hingga saat ini masih menerapkan kultur prasejarah.

Suku yang disebut Sentinel itu dilaporkan membunuh seorang turis Amerika Serikat (AS) dengan panah karena ia mencoba berkenalan dengan mereka.

Turis bernama John Allen Chau itu menitipkan pesan kepada keluarganya sebelum dia menuju ke pulau itu dan jenazahnya ditemukan keesokan harinya pada pekan lalu.

Kemudian, sebuah pesawat Boeing 737 nyaris celaka setelah pilot salah memasukkan data tatkala lepas landas dari Irlandia Utara.

Kedua berita itu masuk ke dalam artikel populer yang terjadi sepanjang Kamis (22/11/2018) hingga Jumat pagi (23/11/2018).

1. "Tolong Jangan Marah jika Saya Nantinya Tewas"
Saat pertama kali tiba di Pulau Sentinel Utara di Kepulauan Andaman, India, John Allen Chau membawa hadiah, antara lain bola sepak dan ikan.

Turis Amerika Serikat (AS) itu tertarik berinteraksi dengan suku Sentinel, salah satu suku pedalaman yang disebut paling berbahaya di dunia.

Dia sempat pertama kali mencoba masuk ke pulau itu pada 15 November tetapi gagal. Dia mencoba lagi dan berhasil keesokan harinya.

Namun, nelayan lokal yang ikut membantunya terkejut karena pada 17 November mereka menyaksikan pemandangan mengerikan saat suku Sentinel menggotong tubuhnya.

Pria 27 tahun tersebut dilaporkan tewas dipanah suku tersebut. Namun, penyebab pastinya belum diketahui karena jenazahnya masih di Sentinel Utara.

Apa yang menyebabkan Chau tertatik pergi ke Sentinel Utara bisa Anda lihat di sini.

2. Sentinel, Suku Terasing Andaman yang Tak Ragu Bunuh Orang Asing
Kematian turis asal Amerika Serikat yang tewas dipanah suku pedalaman di Samudera Hindia kembali menyoroti kehidupan masyarakat Sentinel.

Mereka diyakini sebagai suku pra-Neolitik terakhir di dunia. Suku Sentinel dikenal gemar menembakkan panah pada orang asing yang mendekati pulau mereka, Pulau Sentinel Utara di Kepulauan Andaman, India

Mereka didefinisikan sebagai "uncontacted people", sebuah kelompok yang hidup tanpa hubungan yang signifikan dengan dunia luar.

Anda bisa membaca lengkap seluruh fakta tentang masyarakat Sentinel itu di tautan ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com