Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Ini Larang Dosen Pakai Huruf Kapital Saat Beri Tugas ke Mahasiswa

Kompas.com - 21/11/2018, 13:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HORSFORTH, KOMPAS.com - Sebuah kampus perguruan tinggi di Inggris menerbitkan panduan bagi dosen saat memberi tugas kepada para mahasiswanya. Salah satunya dilarang menggunakan huruf kapital.

Melansir dari Metro.co.uk, para pengajar di jurusan jurnalisme Universitas Leeds Trinity menerima memo dari pihak kampus yang menyarankan cara-cara dalam memberikan tugas kepada mahasiswa.

Salah satu poin dalam memo tersebut menyarankan agar dosen tidak menggunakan huruf kapital saat memberikan tugas kepada mahasiswa.

Menurut pihak kampus, penggunaan huruf kapital yang berlebihan dikhawatirkan akan mengganggu dan mendorong mahasiswa untuk gagal dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Baca juga: Kampus di India Bikin Mata Kuliah Berdasarkan Buku Harry Potter

Memo tersebut juga menyarankan dosen menggunakan bahasa yang lebih ramah dan menghindari penggunaan kata-kata yang menekan dan memberi kesan negatif.

"Terlepas dari upaya terbaik dalam menjelaskan tugas penilaian, kurangnya kejelasan justru dapat menimbulkan kecemasan dan bahkan membuat siswa enggan mengerjakan tugas yang diberikan."

"Selain itu menulis keterangan dalam huruf kapital dapat membuat tugas terkesan lebih sulit dan hal itu bisa memunculkan kekhawatiran para siswa," tulis memo tersebut dikutip Daily Express, Senin (19/11/2018).

Juru bicara dari Universitas Leeds Trinity mengatakan, memo yang diberikan adalah panduan tentang bagaimana menjelaskan tugas kepada mahasiswa sehingga mereka dapat mencapai hasil terbaik.

Pemberitaan yang beredar di media di Inggris itu juga telah dibantah wakil rektor universitas, Margaret A House, melalui pernyataannya, Selasa (20/11/2018).

Dalam pernyataannya, Margaret menyangkal pihak universitas melarang penggunaan huruf kapital dalam pemberian tugas kepada mahasiswa.

"Di Universitas Leeds Trinity kami mendukung para mahasiswa kami untuk melakukan hal terbaik yang bisa mereka lakukan."

"Kami dengan bangga menawarkan pengalaman belajar di universitas yang bersifat pribadi dan inklusif, yang akan memberi setiap mahasiswa dukungan mewujudkan potensi mereka."

Baca juga: Universitas di Inggris Ini Larang Tepuk Tangan di Acara Kampus

"Kami mengikuti pedoman pengajaran praktik terbaik dan memo yang dikutip media adalag panduan dari seorang kepala kursus untuk staf akademik, berbagi praktik terbaik dari penelitian pengajaran terbaru."

"Untuk setiap tugas, staf akademik memiliki sesi penjelasan dengan para siswa sehingga mereka paham dengan apa yang diharapkan dari tugas yang diberikan."

"Ini juga tentang komunikasi yang baik dan gaya yang konsisten. Contohnya, praktik terbaik adalah dengan tidak menulis dalam huruf kapital untuk semua bagian dalam tugas," tulis pernyataan wakil rektor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com