Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Prosesi Pemakaman Unik Ditawarkan Perusahaan Rusia, Apa Saja?

Kompas.com - 17/11/2018, 18:10 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemakaman biasanya identik dengan upacara yang sakral dan penuh momen haru bagi keluarga yang ditinggalkan. Namun, pada era milenial ini, kesakralan dalam pemakaman sudah mulai berkurang.

Sejumlah prosesi pemakaman unik pun hadir. Misalnya, sejumlah perusahaan yang bergerak dalam bidang pemakaman di Rusia menawarkan beberapa prosesi yang terbilang baru kepada keluarga yang ditinggalkan.

Ini dilakukan untuk mengenang mendiang yang telah meninggalkan banyak kenangan kepada keluarga.

Dilansir dari Russia Beyond The Headline, ada tiga cara yang digunakan perusahaan Rusia itu. Berikut penjelasannya

1. Cryopreservation

Mungkin Anda pernah lihat ilmuwan di televisi yang berusaha menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati dengan cara menyimpan tubuhnya dalam tabung bersuhu dingin?

Cara ini ditawarkan oleh sebuah perusahaan di Rusia untuk melestarikan sel dan jaringan tubuh. Hasilnya adalah jaringan jenazah itu akan tetap utuh jika disimpan dalam tabung bersuhu dingin.

Perusahaan bernama KrioRus merupakan perusahaan pertama di Eurasia yang menawarkan layanan ini.

Saat ini lebih dari 300 orang telah mendaftarkan diri dan menandatangani kontrak dengan perusahaan itu untuk melakukan prosesi pemakaman unik ini ketika ia meninggal. Ada juga 31 hewan yang telah masuk daftar KrioRus untuk dilakukan cryopreservation.

Sebanyak 65 orang telah diawetkan, termasuk 18 orang asing: tiga orang Ukraina, empat orang Italia, dan masing-masing satu dari AS, Australia, India, Prancis, Belarus, Georgia, Estonia, Israel, Belanda, Swiss, dan Jepang.

Keluarga melakukan ini untuk bisa melihat mendiang yang meninggal dalam keadaan utuh nantinya. KrioRus merekomendasikan membuat kesepakatan cryopreservation, untuk memastikan sel-sel diawetkan dengan lebih baik.

Ada pilihan antara melestarikan seluruh tubuh (36.000 dollar AS atau Rp 534 juta) atau hanya otak (15.000 dollar AS untuk orang Rusia dan 18.000 dolar AS untuk orang asing).

2. Menyebarkan abu di luar angkasa

Banyak orang yang mempunyai keinginan untuk bisa terbang ke angkasa untuk memenuhi rasa ingin tahu atau bahkan mengabadikan momen mereka dalam sebuah jepretan foto.

Jika tak bisa melakukannya saat hidup, ada juga yang berpikir untuk menempatkan abu jenazahnya di luar angkasa.

Salah satu perusahan di Rusia bernama SpaceWay pun memberikan layanan ini kepada siapa pun yang ingin diabadikan di luar angkasa. Syarat utamanya, tentu Anda harus meninggal terlebih dahulu.

SpaceWay memberikan tawaran harga sekitar 5,300 dollar AS (Rp 78,7 juta) atau lebih (tergantung permintaan). Jasad orang yang telah meninggal kemudian dikremasi dan abunya akan diterbangkan menuju stratosfer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com