Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2018, 13:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi masih menjadi kabar yang disorot dunia dalam sepekan terakhir.

Di antaranya Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) yang diduga terlibat dalam pembunuhan jurnalis berusia 59 tahun tersebut.

Kemudian China dilaporkan mengujicoba kemampuan jet tempur siluman generasi pertama J-20. Tak hanya kemampuan terbang, namun juga membuka palka rudal dalam kecepatan tinggi.

Unjuk kebolehan militer China itu membuat Komite Strategi Nasional Amerika Serikat (AS) mengeluarkan laporan mengenai militer mereka.

Dikatakan militer AS bisa menderita kekalahan jika berperang dengan China maupun Rusia jika tak dilakukan pembenahan secara serius.

Berikut merupakan kumpulan berita dari berbagai penjuru dunia yang terjadi sepanjang Minggu (11/11/2018) hingga Sabtu (17/11/2018).

1. Turki Telah Bagikan Rekaman Pembunuhan Khashoggi kepada Sejumlah Negara
Pemerintah Turki menyatakan telah membagikan rekaman suara pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi kepada sejumlah negara.

Disampaikan Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam pidatonya yang disiarkan televisi, rekaman tersebut telah dibagikan kepada Arab Saudi, AS, Jerman, Perancis dan juga Inggris.

Pemimpin yang berkuasa sejak 2003 itu menambahkan, pihaknya hanya memberikan rekaman suara dan tanpa disertai dokumen tertulis apa pun.

Pernyataan Erdogan secara lebih lengkap bisa Anda baca di sini.

2. Kalimat Terakhir yang Diucapkan Jamal Khashoggi
Seorang jurnalis media harian di Turki membeberkan kalimat terakhir yang diyakini keluar dari mulut jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi sebelum menemui ajalnya karena dibunuh di kantor konsulat di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Jurnalis tersebut mengaku telah mendengarkan rekaman suara yang dikabarkan dimiliki pemerintah Turki dan belakangan disebut telah dibagikan kepada sejumlah pemerintah negara.

Apa bunyi kalimat terakhir Khashoggi menurut jurnalis itu? Kabar selengkapnya bisa Anda simak di sini.

3. Putra Mahkota Saudi Disebut dalam Rekaman Pembunuhan Khashoggi
Rekaman audio terkait pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi menunjukkan kemungkinan keterlibatan Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Pangeran yang akrab disapa MBS itu diduga turut disebut oleh salah satu pelaku pembunuhan Khashoggi yang suaranya masuk dalam rekaman tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com