Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Abe Kunjungi Darwin, Kota yang Pernah Dibom Jepang 75 Tahun Lalu

Kompas.com - 16/11/2018, 14:20 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

DARWIN, KOMPAS.com - Sekitar 75 tahun lalu, Jepang mengebom kota Australia, Darwin, pada Perang Dunia II, menyebabkan lebih dari 250 orang tewas.

Itu menjadi serangan asing terburuk yang pernah melanda Australia. Kini, sejarah telah berubah dan untuk pertama kalinya, seorang pemimpin Jepang mengunjungi kota tersebut.

Melansir AFP, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menggoreskan sejarah baru di Darwin.

Baca juga: Film Karakter Pertama Ciptaan Walt Disney yang Hilang Ditemukan di Jepang

Dia menjadi pemimpin Jepang pertama yang melangkahkan kaki di kota pelabuhan itu, sejak bom Jepang 75 tahun lalu.

Kedua negara makin mempererat hubungan untuk menghadapi genderang perang dagang China.

Perdagangan dan pertahanan jadi pembicaraan utama dalam kunjungan Abe selama dua hari dan bertemu dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, sebelum keduanya terbang ke Papua Niugini untuk menghadiri KTT APEC.

Abe dan Morrison dijadwalkan memberikan penghormatan di monumen peringatan kematian perang, sebuah momen yang mengingatkan kembali kunjungan pemimpin Jepang ke Pearl Harbor pada 2016.

"Kunjungan PM Abe sangat signifikan untuk membangun persahabatan kuat dan abadi antara kedua negara, serta hubungan ekonomi, keamanan, komunitas, dan sejarah," kata Morrison dalam pernyataan.

Channel News Asia mewartakan, Jepang melakukan dua serangan pada 19 Februari 1942 yang menewaskan 250 orang, menghancurkan kapal, pesawat udara, fasilitas sipil dan militer.

Ada lebih dari 62 serangan Jepang hingga November 1943, tetapi lembaga War Memorial menyebutkan tidak menyebabkan kerusakan atau korban.

Baca juga: PM Jepang Ingin Bahas Perjanjian Damai Perang Dunia II dengan Putin

Selanjutnya, hubungan Australia dan Jepang perlahan terbangun sejak 1950-an.

Sementara pada bulan depan, Australia, Jepang, dan 9 negara lainnya akan menyepakati perdagangan bebas regional senilai 13,5 triliun dollar AS.

Pada 2016, Abe menjadi pemimpin Jepang pertama yang berkunjung ke USS Arizona Memorial, sebuah monumen penghormatan bagi korban kapal perang USS Arizona yang karam di Pearl Harbor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com