Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Hilang akibat Kebakaran Hutan California Capai 600 Orang

Kompas.com - 16/11/2018, 10:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BUTTE COUNTY, KOMPAS.com - Jumlah orang yang masuk daftar orang hilang akibat kebakaran hutan paling mematikan di California telah mencapai lebih dari 600 orang.

Jumlah tersebut telah meningkat hingga beberapa kali lipat dari laporan sebelumnya.

Sementara jumlah korban tewas telah mencapai 63 orang, termasuk sisa tujuh jenazah yang baru ditemukan pada Kamis (15/11/2018).

Sherif Butte County Kory Honea menyampaikan, seperti dilansir AFP, jumlah korban hilang pada Kamis siang kemarin telah mencapai 631 jiwa.

Lonjakan tersebut terjadi setelah petugas tim penyelidik kembali memeriksa panggilan darurat yang dibuat saat terjadinya kebakaran sejak seminggu lalu.

Baca juga: Banyak Lansia Hilang dalam Kebakaran Mematikan di California

"Saya ingin Anda memahami bahwa kekacauan yang kita hadapi sangat luar biasa ketika kebakaran terjadi," ujarnya kepada wartawan, dikutip AFP.

Sebelumnya diberitakan, upaya pencarian terhadap jenazah korban kebakaran hutan, yang disebut Kebakaran Camp, masih terus dilakukan.

Sementara pihak berwenang juga berusaha melacak orang-orang yang dilaporkan hilang saat terjadinya musibah yang menghanguskan wilayah hutan dan permukiman warga tersebut.

Keluarga yang merasa ada anggotanya yang belum ditemukan telah mengunggah foto-foto orang yang mereka cari ke situs milik Butte County.

Dari foto-foto tersebut terlihat sebagian besar telah berusia lanjut, sekitar 80-an hingga 90-an tahun.

Kebanyakan dari mereka adalah warga kota Paradise yang berpenduduk 27.000 orang.

Pihak kepolisian juga akan mulai melakukan pengambilan sampel DNA dari orang-orang yang melaporkan anggota keluarganya yang hilang.

Wali Kota Paradise Jody Jones menyampaikan kepada warganya agar mau bersabar untuk tidak tergesa-gesa kembali ke tempat tinggal mereka yang terdampak kebakaran.

Dia mengatakan, meski ancaman dari api kebakaran sudah berkurang, namun tetap masih ada bahaya yang lain.

"Saya paham orang-orang ingin mengambil kendaraan mereka dan tinggal di tempat mereka sendiri dan membangun kembali."

Baca juga: 200 Narapidana Dikerahkan Bantu Padamkan Kebakaran Hutan California

"Saya percaya hal itu pada akhirnya akan mungkin, tetapi tetap akan memakan waktu karena situasi belum sepenuhnya aman. Kita semua hanya perlu bersabar," ujar Jones.

Presiden AS Donald Trump dijadwalkan untuk datang mengunjungi warga korban kebakaran di California pada Sabtu (17/11/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com