Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Ini Hanya Butuh Waktu Terbang 80 Detik, Seperti Apa Rutenya?

Kompas.com - 15/11/2018, 17:01 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah rute penerbangan di Inggris hanya membutuhkan waktu terbang selama 1 menit 20 detik atau selama 80 detik. Waktu tempuh ini tercatat sebagai salah satu penerbangan dengan rute terpendek di dunia.

Rute ini menghubungkan Westray Island Airport dengan Papa Westray Island Airport, dua wilayah daratan yang terpisah perairan di kawasan Kepulauan Orkney, Inggris.

Kedua titik tersebut memiliki jarak hanya 1,7 mil atau sekitar 2,7 kilometer saja. Dibanding menyeberang menggunakan kapal yang lambat, masyarakat setempat biasa menempuh jarak ini menggunakan pesawat terbang komersial.

Inilah pesawat dengan rute penerbangan terpendek di dunia yang rata-rata waktu penerbangan kurang dari 2 menit, yakni 1 menit 20 detik atau 80 detik saja.

Menurut mereka, untuk membangun jembatan yang menghubungkan dua pulau membutuhkan biaya yang tinggi dan hal itu tidak rasional secara finansial.

Wilayah kepulauan di Inggris sebelah utara ini terkenal memiliki garis pantai yang bergerigi karena terbuat dari karang sehingga sangat jarang ditumbuhi pepohonan.

Dari 70 pulau yang ada di wilayah itu, hanya 20 di antaranya yang dihuni. Misalnya Papa Westray dengan populasi penduduk kurang dari 100 jiwa.

Menurut keterangan pilot senior, Colin Mcallister, pesawat yang biasa ia bawa mampu mengangkut delapan orang penumpang. Sedangkan ketinggian maksimal yang bisa dijangkau adalah 350 kaki atau sekitar 106 meter.

Siapa pun yang naik pesawat ini tidak akan mendapatkan layanan minum apalagi makan, karena waktu penerbangan yang begitu singkat.

Selain menggunakan pesawat terbang, sebenarnya masih ada satu lagi transportasi umum yang bisa digunakan masyarakat untuk pergi, yakni menggunakan kapal feri, akan tetapi laju kapal amat sangat lambat sehingga jarang jadi pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com