Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan di China Keliling Negeri Pakai Uang Hasil Jual Barang Curian

Kompas.com - 15/11/2018, 12:39 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Pasangan muda di China ditangkap setelah diduga mencuri sejumlah pakaian dari toko populer, Uniqlo untuk dijual kembali. Hasil penjualan kemudian mereka gunakan untuk membiayai perjalanan berakeliling negeri.

Pasangan berusia 20-an tahun yang diketahui hanya dengan nama belakang mereka, Wang dan Zhao, ditahan di kota Suzhou, Provinsi Jiangsu, tempat mereka tinggal. Demikian dikabarkan surat kabar Modern Express, Rabu (14/11/2018).

Melansir dari SCMP, pasangan itu mengaku telah melakukan pencurian sejak awal tahun dan hanya menargetkan Uniqlo, toko merek Jepang yang populer di kalangan perempuan.

Mereka berdua khusus menargetkan toko Uniqlo karena cabang di China biasanya cukup besar dan tidak memiliki banyak staf keamanan sehingga pengawasannya lemah.

Baca juga: Tak Tahan Digigit Nyamuk, Pelaku Pencurian Menyerahkan Diri

Wang dan Zhao mengawali serangkaian aksi pencurian mereka di salah satu cabang Uniqlo di Provinsi Henan pada awal tahun 2018.

Dalam melancarkan aksinya, mereka menggunakan tas khusus yang telah dilapisi magnet yang dapat menghalau gelombang magnet dari perangkat keamanan yang terpasang pada pakaian sehingga mereka dapat melewati alarm.

Setelah mendapatkan barang curian, mereka menjualnya kembali secara online dengan harga diskon 60 hingga 70 persen dari harga asli.

Hasil penjualan tersebut mereka gunakan untuk membiayai perjalanan keliling China.

Dengan cara itu mereka telah melakukan perjalanan ke lebih dari 20 kota dan provinsi. Dari Henan mereka menuju kota Xian di barat laut, Chongqing di barat daya, Guiyang dan Shenzhen di selatan, kemudian menuju timur laut sebelum kembali ke Jiangsung di timur.

Mereka berdua diduga telah menjual kembali lebih dari 160 barang curian secara online, sebelum akhirnya mereka ditangkap oleh petugas kepolisian saat beraksi di sebuah cabang Uniqlo di kota Suzhou.

Mereka tertangkap basah telah mencuri tiga pakaian senilai total 2.400 yuan (sekitar Rp 5 juta) dari toko itu.

Baca juga: Seorang Pencuri di China Tertangkap Gara-gara Pisang

Wang, dikutip oleh media lokal, mengatakan telah mengamati toko tersebut dan menganggapnya sasaran yang mudah karena selain kurangnya staf keamanan, pihak toko sering menghitung barang yang hilang sebagai kerugian biasa dan jarang sampai memanggil polisi.

Namun staf di toko Suzhou bagaimana pun melapor ke polisi yang kemudian menangkap pasangan pencuri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com