Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribut dengan Melania Trump, Wakil Penasihat Keamanan Nasional Dicopot

Kompas.com - 15/11/2018, 12:26 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,BBC,CNBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Wakil penasihat keamanan nasional Gedung Putih Mira Ricardel melepaskan jabatannya sehari setelah Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump meminta agar dia dipecat.

Diwartakan CNN, Ricardel secara resmi dipaksa mundur dari pekerjaannya selama tujuh bulan terakhir itu pada Rabu (14/11/2018).

Menurut keterangan dari Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders, dia akan dipindahkan ke posisi lainnya di pemerintahan.

Belum ada nama yang diusulkan untuk mengisi jabatannya.

Baca juga: Melania Trump Minta Wakil Penasihat Keamanan Nasional Dipecat

Ricardel terlibat perselisihan dengan staf Melania selama istri Donald Trump itu melakukan kunjungan ke Afrika pada bulan lalu.

Keduanya dilaporkan bertengkar soal pengaturan tempat duduk di pesawat.

CNBC mencatat, sangat tidak biasa bagi seorang ibu negara atau kantornya untuk mempertimbangkan urusan personalia, terutama staf keamanan nasional presiden.

Selama perjalanan tur di Afrika, Melania mengatakan kepada ABC dalam wawancara, ada orang-orang di Gedung Putih yang dia tidak percayai.

"Ini merupakan posisi Kantor Ibu Negara bahwa dia tidak lagi pantas mendapat kehormatan melayani di Gedung Putih," demikian pernyataan dari juru bicara Melania Trump, Stephanie Grisham.

BBC mengabarkan, pemecatan Ricardel menyusul spekulasi soal Trump yang akan mengganti sejumlah pejabat di Sayap Barat Gedung Putih.

Trump diisukan sedang mempersiapkan pemecatan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly atau Menteri Dalam negeri Kirstjen Nielsen.

Baca juga: Muncul Asap di Kabin, Pesawat Melania Trump Terpaksa Putar Balik

Sejauh ini, Ricardel belum memberikan komentar terkait pemecatannya.

Ricardel merupakan anak dari orangtua imigran asal Kroasia. Dia pernah memegang posisi selama tiga pemerintahan Partai Republik, bekerja di Kementerian Luar Negeri, Pertahanan, dan Perdagangan.

Dia juga pernah bekerja di sektor swasta, termasuk Boeing, sebelum akhirnya terpilih dalam tim transisi kepresidenan Trump sebagai penasihat Pentagon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,BBC,CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com