Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Usia 13 Tahun Selamat dari Serangan Hiu Saat Mencari Lobster

Kompas.com - 14/11/2018, 10:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber ABC News

SAN DIEGO, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia 13 tahun berhasil selamat dari serangan hiu putih besar saat sedang menyelam untuk mencari lobster.

Bocah itu, Keane Webre-Hayes, mengalami luka cukup dalam di bagian dadanya.

Melansir dari ABC News, insiden tersebut terjadi pada 29 September lalu di perairan dangkal di Pantai Beacon, San Diego, California.

Berbicara dalam acara televisi yang disiarkan pada Kamis (8/11/2018), Keane menceritakan kisahnya dapat selamat dari serangan hiu.

Dikatakan Keane, saat itu dirinya bersama seorang teman, Noah, sedang mencari udang lobster di perairan dangkal di Pantai Beacon.

"Saya menyelam untuk mencari lobster dan sayangnya tidak dapat saya temukan. Kemudian saya naik ke permukaan dan tiba-tiba saya merasa ada sesuatu yang mendorong tubuh saya hingga masker selam saya lepas."

Baca juga: Seorang Pria Pukul Hiu yang Gigit Betisnya Pakai Papan Selancar

"Semula saya mengira itu perbuatan teman saya yang sengaja iseng. Tapi saat melihat teman saya masih menyelam, saya mulai merasa bingung," kata Keane saat wawancara dalam acara Good Morning America.

"Kemudian saya melihat baju selam saya sudah robek kemudian darah mulai mengalir ke air," tambahnya.

Sesaat kemudian, didorong oleh insting, Keane mulai berenang kembali ke kayak. Dia sadar jika dirinya telah diserang oleh predator laut.

"Saya berenang secepat mungkin sambil berteriak meminta tolong. Saya mengangkat tubuh saya naik ke kayak dan mengatakan kepada seorang pria yang menemani kami untuk segera kembali ke pantai," ujarnya.

Saksi mata di pantai mengaku melihat sirip hiu yang bergerak mengikuti kayak yang dinaiki Keane dan temannya.

Setibanya kembali ke pantai dia langsung ditolong oleh petugas penjaga pantai sebelum diterbangkan ke rumah sakit, di mana dia menjalani operasi darurat selama lima jam untuk menutup luka gigitan hiu yang cukup besar dan dalam pada bagian dadanya.

Beruntung, gigitan hiu tidak sampai melukai organ vital maupun pembuluh darahnya. Meski demikian Keane masih harus menjalani masa pemulihan yang cukup panjang.

"Ini benar-benar peristiwa yang mengubah hidup kami. Dia harus menemui banyak dokter, menjalani terapi trauma, ahli bedah ortopedi, dan penyakit menular. Itu benar-benar mengguncang hidup kami," ujar ibu Keane, Ellie Hayes.

Meski baru saja mengalami kejadian yang nyaris mencabut nyawanya, Keane mengaku dia merasa hebat dan meyakinkan bakal kembali ke laut untuk mencari lobster setelah pulih.

Dia mengaku dukungan dari keluarga, teman, dan orang-orang terdekatnya telah memberinya kekuatan yang luar biasa.

Baca juga: Di Depan 160 Turis, Hiu Raksasa Berukuran 6 Meter Beraksi Memakan Paus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com