Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Besar Warga Pakistan Tidak Kenal Internet

Kompas.com - 13/11/2018, 18:53 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Gulf News

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Di dunia yang kian modern ini, nampaknya tidak mungkin jika seseorang tidak mengetahui apapun soal internet.

Namun, itulah yang terjadi di Pakistan. Sebagian besar warga negeri tetangga India tersebut tidak mengetahui apa itu internet.

Sebuah survey yang digelar berbasis informasi teknologi informasi mengungkapkan fakta mengejutkan ini.

Baca juga: Nonton Seseorang Belajar di Internet Jadi Sensasi Baru di Korsel

Menurut hasil survei itu, sebanyak 69 persen warga Pakistan berusia antara 15 hingga 65 tahun tidak tahu sama sekali soal internet.

Survey yang dilakukan LirneAsia, sebuah lembaga riset yang berbasis di Sri Lanka itu meliputi 2.000 rumah tangga di Pakistan.

LirneAsia mengklaim metode sampling yang dilakukannya setara dengan 98 persen target populasi berusia 15-65 tahun di Pakistan.

Survey ini digelar antara Oktober-Desember 2017 untuk memahami bagaimana warga menggunakan atau tidak menggunakan layanan komunikasi berbasis teknologi ini.

"Meski Otorita Telekomunikasi Pakistan (PTA) menyebut terdapat 152 juta pelanggan aktif ponsel tetapi tidak ada informasi apapun tentang para pelanggan itu," kata CEO LirneAsia Helani Galpaya.

"Tak ada informasi apakah para pelanggan itu pria atau wanita, miskin atau kaya, dan tidak memberi pemahaman soal akses dan kemampuan menggunakan ponsel," tambah Galpaya.

Riset itu memperlihatkan buruknya pemahaman soal internet menjadi sebuah permasalahan di berbagai negara Asia, termasuk Pakistan.

Di Pakistan hanya 30 persen warga berusia 15-65 tahun memahami internet dan cara menggunakannya.

Sekitar 17 persen responden mengaku menggunakan internet Dan, di antara mereka yang tak menggunakan internat penyebab utamanya dalah buruknya pemahaman soal internet.

Di antara pengguna internet, perbedaan jumlah pengakses di   kawasan kota dan desa di Pakistan hanya 13 persen, yang adalah angka terendah di seluruh Asia.

Baca juga: Atasi Unjuk Rasa Kaum Pelajar, Pemerintah Bangladesh Matikan Internet

Survei ini juga menunjukkan para perempuan Pakistan lebih sedikit menggunakan internet dibanding pria. Selisih jumlah pengguna internet perempuan dan pria mencapai 43 persen di Pakistan.

"Sebanyak 53 persen warga Pakistan tak memiliki ponsel dengvan kapabilitas internet. Ini saatnya untuk mengganti ponsel warga biasa dengan ponsel pintar," tambah Galpaya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com