Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Asrama di Uganda Terbakar, Sembilan Siswa Tewas

Kompas.com - 12/11/2018, 21:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KAMPALA, KOMPAS.com - Setidaknya sembilan anak tewas dalam kebakaran yang menghanguskan gedung asrama di sekolah di Uganda, Minggu (11/11/2018) malam.

Melansir dari AFP, api yang membakar sekolah menengah St Bernard di distrik Rakai, sekitar 280 kilometer arah selatan ibu kota Kampala, dekat perbatasan Tanzania, turut melukai sekitar 20 siswa lainnya.

Kepala sekolah, Henry Nsubuga mengatakan bahwa dia menduga kebakaran tersebut disengaja dan menuduh beberapa mantan siswa yang telah dikeluarkan dari sekolah sebagai pelaku pembakaran.

Baca juga: Pakai Kostum ala Yunani Kuno, Duta Besar Turki di Uganda Dipulangkan

"Pelaku pembakaran pertama mengunci pintu-pintu asrama sebelum membakar gedung. Petugas penyelamat yang datang kesulitan saat mengevakuasi para siswa dari dalam asrama, beberapa tewas karena kehabisan napas," kata Nsubuga.

"Beberapa jenazah korban terbakar hangus hingga tak bisa dikenali. Polisi telah merekomendasikan dilakukannya tes DNA untuk mengetahui identitas korban," tambahnya.

Informasi jumlah korban yang disampaikan kepala polisi daerah sedikit berbeda dengan 11 siswa dinyatakan tewas.

"Sekitar 20 siswa telah dirawat dengan luka bakar parah dan berada dalam kondisi kritis, namun dokter menyatakan beberapa akan stabil," kata Ben Nuwamanya kepada AFP.

Menurut Nuwamanya, penyebab pasti kebakaran belum dipastikan. Pihaknya telah menahan tiga orang, termasuk seorang penjaga sekolah untuk dimintai keterangan.

Sementara dilansir dari Indian Express, sekolah menengah tersebut menampung sekitar 130 siswa.

Baca juga: Bocah 3 Tahun di Uganda Tewas Diterkam Macan Tutul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com