Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamur Putih Langka Seberat 850 Gram Berhasil Terjual Rp 1,5 Miliar

Kompas.com - 12/11/2018, 13:54 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

ALBA, KOMPAS.com - Sebuah jamur truffle putih langka yang beratnya hanya 850 gram berhasil terjual 85.000 euro atau sekitar Rp 1,5 miliar dalam sebuah lelang di Alba, Italia, Minggu (11/11/2018).

Jamur itu dibeli oleh seorang warga Hong Kong yang dirahasiakan namanya. Dia membayar 30 kali lebih mahal dibandingkan harga pasaran tahun ini untuk memperoleh jamur kecil tersebut.

"Harga untuk jamur luar biasa ini tidak berhubungan dengan harga pasar, yang tahun ini sekitar 350 euro (Rp 5,8 juta) untuk 100 gram," kata juru bicara lelang kepada AFP.

Baca juga: Jamur Pinus Mahal Jadi Hadiah Spesial Kim Jong Un untuk Moon Jae-in

"Apa yang menjelaskan tingginya harga ini adalah fakta bahwa penjualan ini untuk donasi dan karena jamur 850 gram ini langka," imbuhnya.

Menurut dia, satu buah jamur truffle putih seberat 850 gram sangat langka di pasaran sehingga bernilai lebih. Biasanya, jamur hanya memiliki berat 20 gram per buahnya.

Jamur truffle putih di wilayah Alba memang sangat terkenal dan banyak dipanen antara 21 September sampai 31 Januari.

Meski tahun sebelumnya merupakan musim tersulit dari jamur tersebut, namun panen kali ini sangat unggul, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Besarnya panen membuat harga jamur truffle menurun di pasaran, yang disambut hangat oleh pemilik restoran dan pakar kuliner.

"Tahun lalu, kekeringan membuat panen jadi menurun kami jual 600 sampai 700 euro per 100 gram," kepala National Centre for Truffle Studies Italia, Antonio Degiacomi.

"Tahun ini, harganya 250 euro dan ada yang 350 euro," ucapnya.

Baca juga: Ilmuwan Sebut Jamur Bisa Jadi Solusi Krisis Polusi Plastik Dunia

Dia mengatakan, hujan dan badai pada Juli dan Agustus lalu membuat sumber air berlimpah sehingga cocok bagi pertumbuhan jamur truffle.

"Jamur ini punya aroma kuat, percampuran antara romantis, hutan, alam. Ini sangat menggugah," ucap Degiacomi.

Wilayah Alba telah menyelenggarakan lelang truffle selama 88 tahun sebagai bagian dari acara truffle fair tahunan, yang berlangsung selama sekitar dua bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com