Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carikan Jodoh bagi Putranya, Ibu di China Tawarkan Ikan Koi

Kompas.com - 12/11/2018, 08:41 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ZHENGZHOU, KOMPAS.com - Seorang peternak ikan di Provinsi Henan, China, menawarkan hadiah tak biasa kepada perempuan yang bersedia menikah dengan putranya.

Peternak bernama Liu Yingmei yang tinggal di desa Xiangzhai itu menawarkan ikan koi sebagai hadiah pertunangan bagi keluarga si calon mempelai.

Baca juga: Ribuan Ikan Koi Tiba-tiba Muncul di Sungai di Tulungagung, Warga Heboh Menjala

Diwartakan SCMP Minggu (11/11/2018), koi yang merupakan simbol keberuntungan tengah menjadi trend di kalangan generasi muda China.

Kepopulerannya membuat ikan itu melambung. Dalam videonya kepada Visual China Group, Liu mengatakan bahwa dia adalah peternak koi premium.

Bersama warga Xiangzhai lainnya, ibu berusia 52 tahun itu memulai bisnis ikan koi sejak 1983. Dia menjual ikannya ke retail online Taobao dengan bantuan putra tertua.

"Saya mungkin yang menjual ikan itu dengan harga mahal," kata si putra tertua Gao Kan yang menambahkan satu ekor ikan bisa dibanderol 10.000 yuan, atau Rp 21,2 juta.

Liu menuturkan, dia berharap bisa menemukan jodoh bagi putra bungsunya saat peringatan Hari Jomblo Nasional yang jatuh setiap 11 November.

"Hadiah yang bakal kami berikan kepada keluarga calon pasangan anak saya tidak seberapa karena kami masih punya puluhan ribu ekor ikan di kolam," terang Liu.

Namun, dia tidak memberikan rincian tentang identitas putranya itu. Dia hanya menuturkan putranya saat ini kuliah di Institut Teknologi Harbin.

Selain mencarikan jodoh bagi anaknya, dia juga berharap bisa meraup untung hingga 5 juta yuan, sekitar Rp 10,6 miliar, dari penjualan ikannya.

Tahun lalu, acara Hari Jomblo tersebut meraup penjualan angka penjualan hingga 168 miliar yuan, atau Rp 356,4 triliun. Empat kali lipat dibanding Black Friday Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Layanan Pencari Jodoh Tinder Kini Punya 4,1 Juta Pelanggan Berbayar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com