Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Perancis: Eropa Harus Berhenti Bergantung pada Senjata AS

Kompas.com - 11/11/2018, 23:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron mengingatkan kembali agar negara-negara Eropa agar dapat mengurangi ketergantungannya kepada persenjataan AS dan mulai membangun kekuatan pertahanannya sendiri.

Dalam wawancaranya dengan CNN, Macron mengatakan bahwa dirinya tidak ingin melihat ada negara-negara Eropa yang meningkatkan anggaran pertahanannya untuk membeli senjata ataupun hal lain dari AS dan industri AS.

"Apa yang saya tidak ingin lihat adalah negara-negara Eropa yang meningkatkan anggaran pertahannya untuk membeli senjata dari AS dan lainnya yang berasal dari industri AS," kata Macron, Minggu (11/11/2018).

Pernyataan Macron tersebut datang setelah sebelumnya dia terlibat perang kata-kata dengan Presiden AS Donald Trump.

Baca juga: Presiden Perancis Ingin Bentuk Tentara Gabungan Eropa, Ini Jawab Trump

Bermula dari pernyataannya dalam wawancara dengan radio Europe 1, di mana Macron menyerukan agar negara-negara Eropa membentuk kekuatan militer gabungan.

Pernyataan itu pun dibalas dengan cara yang khas oleh Trump, yakni melalui akun Twitter-nya dengan menyebut Macron telah bertindak sangat keterlaluan.

"Presiden Macron dari Perancis menyerukan agar Eropa membentuk militernya agar bisa melindungi diri dari Rusia, China, maupun AS," tulis Trump.

"Sungguh sebuah penghinaan. Namun mungkin Eropa bisa mulai membayar lebih banyak biaya NATO yang selama ini ditanggung AS," lanjut presiden berusia 72 tahun itu.

Bulan lalu, Macron telah mengkritik keputusan Belgia yang membeli jet tempur F-35 buatan AS, sementara negara Eropa telah bekerja sama dalam memproduksi pesawat tempurnya sendiri, Eurofighter.

Macron menyebut keputusan Belgia telah bertentangan dengan kepentingan Eropa.

Dia menekankan perlunya bagi Eropa untuk mengambil alih pertahanannya sendiri.

"Walaupun setelah Perang Dunia II kami membutuhkan kehadiran AS demi keamanan kami, saya berpikir bahwa sekarang adalah momentun bagi Eropa untuk membangun keamanannya sendiri, kedaulatannya sendiri," kata Macron.

Macron dan Trump telah bertemu di sela rangkaian acara peringatan berakhirnya Perang Dunia I di Paris, akhir pekan ini.

Baca juga: Presiden Perancis: Eropa Harus Bisa Bertahan dari Rusia Bahkan AS

Macron pun mengatakan bahwa dirinya telah berdiskusi dengan Presiden AS itu untuk meluruskan kesalahpahaman yang telah terjadi.

"Kami melakukan diskusi pagi ini dan dia juga telah menegaskan di hadapan media bahwa dirinya baik-baik saja," kata Macron.

Menurutnya, kedua pihak juga telah sepakat bahwa perlu ada pembagian beban yang lebih baik dalam NATO, yang berarti Eropa harus mengurangi ketergantungannya pada belanja pertahanan dari AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com