Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gesper Berbentuk Granat Bikin Geger Dua Stasiun Kereta Api di Spanyol

Kompas.com - 07/11/2018, 19:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BARCELONA, KOMPAS.com - Sebuah gesper berbentuk granat tangan yang dibawa dalam koper salah seorang penumpang kereta api memicu dilakukannya evakuasi di dua stasiun di Spanyol.

Insiden tersebut terjadi di Stasiun Sants, Barcelona dan Stasiun Atocha di Madrid, pada Rabu (7/11/2018).

Petugas keamanan stasiun di Stasiun Sants, Barcelona, yang melakukan pemindaian barang bawaan penumpang melihat adanya objek berbentuk menyerupai granat dalam tas seorang penumpang perempuan kereta api tujuan Madrid.

Sebagian besar stasiun kereta api di Spanyol memberlakukan pemeriksaan barang bawaan calon penumpang dengan mesin pemindai.

"Mereka melihat dari mesin pemindai sebuah objek yang mungkin merupakan benda yang dapat meledak," kata juru bicara kepolisian Barcelona kepada AFP.

Baca juga: Tidur di Lantai Bandara Spanyol, 6 Awak Kabin Ryanair Dipecat

Dalam foto yang diunggah kepolisian Mossos Catalonia ke media sosial Twitter menunjukkan dengan jelas sebuah objek logam berbentuk granat yang ada di dalam tas yang sedang dipindai.

Setelah melihat hasil pemindaian tersebut, polisi memutuskan untuk mengevakuasi penumpang di dua kereta api cepat di stasiun. Namun mereka tidak menemukan benda mencurigakan yang dimaksud.

"Kemudian kami berpikir bahwa penumpang yang membawa benda mencurigakan itu bisa berada di kereta yang sedang menuju ke Madrid. Kami pun memperingatkan polisi nasional," tambah juru bicara tersebut.

Di Madrid, polisi telah bersiap membuat zona pengamanan di sebagian peron di Stasiun Atocha, yang sempat terjadi serangan teror pada 2004 dan menewaskan 191 orang akibat ledakan di kereta api komuter.

Saat kereta yang dimaksud tiba, petugas segera memeriksa bagasi penumpang dan menemukan bahwa benda mencurigakan yang dikhawatirkan adalah benda eksplosif ternyata hanya sebuah gesper berbentuk granat.

Baca juga: PM Spanyol: Batal Kirim Senjata ke Saudi Bisa Picu Pengangguran

Tidak jelas mengapa petugas keamanan di Barcelona membiarkan penumpang naik ke kereta jika mereka menemukan adanya objek mencurigakan di dalam barang bawaan penumpang.

Adif, perusahaan negara yang mengelola stasiun dan infrastruktur kereta api di Spanyol mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com