Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pompeo Tunda Rencana Pertemuannya dengan Orang Nomor Dua Korea Utara

Kompas.com - 07/11/2018, 17:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo secara tiba-tiba mengumumkan menunda rencana pertemuannya dengan pejabat tinggi Korea Utara di New York.

Disampaikan juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert, agenda pertemuan antara Pompeo dengan delegasi Korea Utara yang sedianya digelar Kamis (8/11/2018), harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

"Pertemuan akan diagendakan kembali ketika jadwal masing-masing pihak memungkinkan," kata Nauert dalam pernyataannya tanpa menjelaskan alasan penundaan tersebut.

Melansir dari AFP, Departemen Luar Negeri AS sebelumnya mengumumkan bahwa Pompeo akan bertemu dengan Kim Yong Chol, salah satu tangan kanan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di New York, untuk membahas kemajuan dalam denuklirisasi.

Baca juga: Orang Nomor Dua Korea Utara Bertandang ke New York Pekan Ini

Pertemuan tersebut rencananya sekaligus mempersiapkan agenda pertemuan kedua antara Kim Jong Un dengan Presiden Donald Trump.

Sebelumnya, Pyongyang telah kembali menyuarakan tuntutan agar sanksi ekonomi terhadap Korea Utara segera dicabut dan mengancam bakal mengembalikan program pengembangan nuklirnya jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Pihak Korea Utara merasa AS tidak memberikan timbal balik atas proses denuklirisasi yang telah dilakukan Pyongyang, termasuk langkah penghancuran secara sepihak lokasi uji coba nuklirnya.

Namun Pompeo menanggapi tuntutan tersebut dengan mengatakan bahwa tidak ada pengurangan sanksi hingga tujuan akhir denuklirisasi yang tak dapat dipulihkan tercapai.

"Saya mengharapkan kami akan membuat beberapa kemajuan yang nyata, termasuk upaya yang dapat memastikan ada kemajuan yang substansial menuju denuklirisasi," kata Pompeo di CBS, Minggu (4/11/2018) lalu.

Baca juga: Bertemu Pompeo, Menlu China Minta AS Berhenti Bertindak Sesat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com