Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rashida Tlaib, Anggota Kongres AS Terpilih Pengkritik Presiden Trump

Kompas.com - 07/11/2018, 15:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Vox,AFP

DETROIT, KOMPAS.com - Rashida Tlaib merupakan satu dari dua perempuan Muslim pertama yang terpilih sebagai anggota Kongres Amerika Serikat (AS).

Kader Partai Demokrat itu terpilih dari Negara Bagian Michigan setelah mengantongi 88,3 persen suara dari 71 persen surat suara yang resmi dihitung.

Baca juga: Ilhan Omar, Pengungsi Somalia yang Kini Jadi Anggota Kongres AS

Satu perempuan Muslim lain yang terpilih adalah Ilhan Omar. Sesama kader Demokrat yang terpilih sebagai anggota Kongres AS dari Negara Bagian Minnesota.

Tlaib lahir pada 24 Juli 1976 di Detroit, dan merupakan anak tertua dari 14 bersaudara dengan orangtua merupakan migran Palestina.

Di 2016, dia menjadi buah bibir karena berteriak kepada Donald Trump, yang kemudian menjadi Presiden AS, saat berpidato di Detroit yang membuatnya dipenjara.

Kepada AFP Rabu (7/11/2018), perempuan berumur 42 tahun itu berkata dia maju sebagai anggota Kongres bukan dikarenakan dia ingin membuat sejarah sebagai Muslimah.

Dalam wawancaranya dengan CNN seperti dikutip Vox, Tlaib menjelaskan dia tidak berusaha untuk memamerkan imannya.

"Saya selalu berkata kepada orang-orang saya menampilkan Islam dalam cara yang penting dan positif. Yakni dengan mengabdi kepada rakyat," jelasnya.

Dia mencalonkan diri karena melihat ketidakadilan yang sedang terjadi, dan bagaimana putranya mulai mempertanyakan identitas Muslimnya, atau dari mana dia berasal.

"Saya tidak ingin menjadi orang yang hanya menyaksikan (ketidakadilan) itu dari kejauhan," kata Tlaib yang pernah menjadi anggota badan legislatif Michigan satu dekade silam.

Dia mengampanyekan berbagai kebijakan progresif antara lain layanan kesehatan universal, upah minimum nasional 15 dollar AS, hingga pendidikan gratis di perguruan tinggi.

Ketika memenangkan pemilihan awal Agustus lalu, Tlaib memberikan pidato dengan menangis sambil didampingi oleh ibunya.

Tlaib menuturkan, kerabatnya di Tepi Barat menyaksikan kesuksesannya. "Ini menunjukkan seberapa indahnya negara ini," tuturnya.

Baca juga: 2 Perempuan Muslim Ini Terpilih Jadi Anggota Kongres AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Vox,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com