Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Pukul Hiu yang Gigit Betisnya Pakai Papan Selancar

Kompas.com - 07/11/2018, 10:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber ABCNews,AFP

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang pria yang tengah berselancar di pantai New South Wales, Australia, harus dilarikan ke rumah sakit setelah seekor hiu menggigit betisnya.

Peselancar berusia 43 tahun itu awalnya pergi ke Pantai Shelly di Ballina, sekitar 750 kilometer di utara Sydney, bersama dua temannya.

Baca juga: Di Depan 160 Turis, Hiu Raksasa Berukuran 6 Meter Beraksi Memakan Paus

ABC News memberitakan Rabu (7/11/2018), di saat mengayuh pria yang tak disebutkan identitasnya itu merasa papannya dihantam sesuatu.

Dia terpelanting dan melihat seekor hiu sepanjang 1,5 meter mengelilinginya sebelum menerjangnya bersama papan selancarnya.

Wali Kota Ballina David Wright berkata, hiu itu menggigit betis peselancar tersebut dan berusaha menariknya dari papan.

"Peselancar itu menggunakan papannya untuk memukul hiu itu dan membuatnya menjauh," kata Wright kepada radio 2GB dikutip AFP.

Wright melanjutkan, pria itu menderita luka gigitan sedalam 20 sentimeter di betisnya. Dia dan temannya segera mengayuh ke pantai.

Sampai di pantai, luka di kaki pria itu segera dibebat dan dibawa ke Rumah Sakit Ballina, sebelum dipindahkan ke Rumah Sakit Lismore Base.

Petugas Surf Lifesaving di kawasan itu Jimmy Keogh menuturkan, luka yang diderita peselancar tersebut tidak sampai mengancam nyawanya.

Dia menjelaskan Shelly dan pantai di sekitarnya ditutup dalam 24 jam ke depan atas permintaan polisi untuk mempermudah penyelidikan.

Otoritas setempat meningkatkan pengawasan, termasuk menggunakan drone. "Kondisi sedang memburuk saat ini. Kami harus berhati-hati," tutur Keogh.

Insiden di Shelly terjadi dua hari setelah seorang pria tewas setelah hiu menggigit tangan dan kakinya di Kepulauan Whitsundays Senin (5/11/2018).

Adapun di Pantai Shelly pada 2015, seorang peselancar asal Jepang tewas setelah seekor hiu menggigit dua kakinya.

Pakar menyatakan, serangan hiu meningkat sejak olahraga air menjadi populer dan ikan yang menjadi mangsa hiu itu berada di kawasan pantai.

Baca juga: Serangan Hiu Kembali Terjadi di Australia, Kali Ini Tewaskan Seorang Pria

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABCNews,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com