Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 November 1947, Program TV Terpanjang dalam Sejarah Memulai Debut

Kompas.com - 06/11/2018, 20:25 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stasiun televisi selalu bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi para penonton. Banyak program-program yang disajikan baik itu berita, liputan khusus, hiburan, film, kuis dan olahraga.

Salah satu stasiun televisi Amerika Serikat tercatat pernah mengeluarkan program khususnya yang hingga sekarang masih bisa dinikmati. Program di stasiun televisi NBC itu bernama "Meet the Press".

Sebelumnya, acara ini mengudara di radio pada 1945 dengan nama "American Mercury Present: Meet The Press" yang dikomandani oleh  Martha Rountree dan Lawrence Spivak.  Tujuannya adalah memberikan promosi dan pendapatnya mengenai sebuah majalah serta beberapa isu yang berkembang di dalam dan luar negeri.

Dua tahun kemudian, acara ini diangkat secara perdana melalui stasiun televisi NBC karena mendapat respons yang baik dari berbagai kalangan.

Pada 6 November 1947, acara ini memulai debutnya kali pertama di televisi. Biasanya, dalam suatu acara mengundang beberapa tokoh nasional yang diminta untuk memberikan pendapat dan saran mengenai berbagai isu politik, ekonomi, dan luar negeri.

Acara ini pada awalnya disajikan dalam waktu 30 menit dengan seorang tamu tunggal beserta beberapa pertanyaan sebagai pelengkap.

Baca juga: Cerita di Balik Hadirnya Televisi Berwarna di Indonesia

persiapan sebelum acara dimulaithe washington post persiapan sebelum acara dimulai

Dilansir dari The Washington Post, pada debutnya, "Meet the Press" mengundang James Farley, yang menjabat sebagai Ketua Umum Postmaster, ketua Komite Nasional Demokrat dan manajer kampanye untuk Franklin Delano Roosevelt.

Seorang moderator perempuan bernama Martha Rountree dipercaya membuka acara fenomenal tersebut. Rountree mengawasi diskusi dari tahun 1947 hingga 1953. Setelah itu dirinya digantikan oleh Ned Brooks, kemudian Spivak yang menjadi moderator pada 1975.

Di awal era pertelevisian, “Meet the Press” membuat dominasi koran dan penggemar berita bersemangat menyaksikan siaran langsungnya. Hingga para wartawan dari berbagai media ditugaskan untuk menonton acara ini setiap hari Minggu.

“Tujuannya adalah untuk mendapatkan cerita dari acara hari Minggu ke surat kabar Senin,” kata Barbara Cochran, mantan produser eksekutif yang sekarang mengepalai program jurnalisme Washington University of Missouri.

Tayangan "Meet the Pass" menghilhami beberapa stasiun televisi untuk membuat acara serupa dengan mengundang narasumber tertentu.

Bertahan hingga sekarang

Presiden Barack Obama duduk dengan David Gregory di Gedung Putih untuk penampilan MTP pertama Obama sejak menjabat menjadi Presidennbcnews Presiden Barack Obama duduk dengan David Gregory di Gedung Putih untuk penampilan MTP pertama Obama sejak menjabat menjadi Presiden

Sudah lebih dari 70 tahun, acara itu menemani pemirsa. "Meet The Press" tercatat sebagai program stasiun televisi terpanjang dalam sejarah.

Saat ini, "Meet the Press" disajikan sebagai program wawancara satu jam. Lebih dari puluhan orang penting dihadirkan dalam acara tersebut. Dari Presiden John F Kennedy sampai Donald Trump pernah hadir dalam acara ini.

Selain siarannya di NBC, "Meet the Press" juga mengudara di berbagai saluran milik NBC Universal lainnya di dalam dan luar negeri. Seperti MSNBC, CNBC di Amerika Serikat dan Kanada, CNBC Eropa di Eropa dan CNBC Asia di Asia. Australia di Seven Network dan Filipina di 9TV

"Meet the Press" juga tersedia sebagai podcast audio atau video, dan disiarkan di stasiun radio oleh Westwood One (yang juga menangani distribusi semua program radio yang dihasilkan NBC, termasuk NBC News Radio).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com