Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Terpidana Mati di California Ditemukan Tewas Bunuh Diri dalam Sepekan

Kompas.com - 06/11/2018, 15:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SAN QUENTIN, KOMPAS.com - Dua terpidana mati yang tengah menunggu eksekusi hukuman di penjara negara bagian California, ditemukan sudah tidak bernyawa di sel mereka. Keduanya diyakini telah bunuh diri.

Kedua narapidana tersebut yakni Andre Urdiales (54), pelaku pembunuhan berantai yang telah melakukan serangkaian pembunuhan sejak 1986, serta Virendra Govin (51), juga pelaku pembunuhan.

Disampaikan staf Penjara San Quentin pada Senin (5/11/2018), Urdiales ditemukan tidak responsif di dalam selnya Jumat (2/11/2018) pekan lalu.

Petugas sempat berupaya menyelamatkannya namun gagal dan dia dinyatakan tewas.

Baca juga: Bos Mafia Boston Ditemukan Tewas, Diduga Dibunuh di Penjara

Urdiales dituduh bersalah melakukan serangkaian pembunuhan selama bertugas sebagai marinir AS dan ditempatkan di sejumlah fasilitas Korps Marinir AS di California selatan antara 1986 hingga 1995.

Dia ditahan pada 1997 dan sempat divonis dengan hukuman mati pada 2004, namun hukumannya diturunkan menjadi penjara seumur hidup pada 2011.

Dia kembali didakwa dan divonis dengan hukuman mati pada 12 Oktober lalu.

Sementara Govin, terpidana mati yang dituduh telah membunuh empat anggota keluarganya di Los Angeles dan membakar rumah mereka, didakwa pada 2004 dan divonis dengan hukuman mati pada 2005.

Govin ditemukan tewas pada Minggu (4/11/2018) malam di dalam selnya di Penjara San Quentin.

"Kedua kematian terpindana mati itu dinyatakan sebagai bunuh diri, namun petugas tidak menemukan indikasi keterkaitan antara kedua insiden," kata staf penjara, dalam pernyataannya.

Menurut pernyataan pejabat penjara, sejak 1978, California telah kembali memberlakukan hukuman mati. Sejak saat itu, 79 terpidana mati telah meninggal karena sebab alami dan 25 melakukan bunuh diri.

Sementara 15 terpidana mati telah dieksekusi, dengan 13 dieksekusi di California, satu terpidana dieksekusi di Missouri dan satu dieksekusi di Virginia.

"Saat ini ada 740 narapidana yang menanti eksekusi hukuman mati di California," tambah pernyataan tersebut, seperti dilansir AFP.

Baca juga: Simpan Pornografi Anak di Ponsel, Gadis Remaja Ini Terancam 90 Tahun Penjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com