Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Milik Mantan Pebasket NBA Dideportasi dari Australia

Kompas.com - 05/11/2018, 13:24 WIB
Ervan Hardoko

Editor

BRISBANE, KOMPAS.com - Pemerintah Australia menyita seekor anjing berjenis French bulldog milik pebasket Lamar Patterson.

Patterson, yang pernah berlaga di NBA itu, dituduh menyelundupkan anjingnya ke Australia di dalam sebuah tas.

Patterson dihentikan petugas imigrasi saat memasuki Bandara Brisbane, Kamis (1/11/2018) karena ketahuan membawa anjingnya yang bernama Kobe di dalam tas.

Baca juga: Ingin Bawa Anjing Terbang, Siapkan Saja Rp 3,5 Juta

Dia awalnya terbang ke Los Angeles menggunakan maskapai American Airlines yang memang mengizinkan hewan peliharaan dibawa ke kabin.

Patterson kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan maskapai Qantas dari Los Angeles ke Australia.

Media Australia memberitakan Qantas hanya memperbolehkan anjing penuntun di dala kabin, namun Kobe luput dari pemeriksaan petugas, hingga baru diketahui petugas imigrasi.

Kobe kemudian dibawa ke ruang karantina dan dideportasi kembali ke Amerika Serikat pada Jumat (2/11/2018).

Sementara Patterson, yang pekan ini baru saja bergabung dengan tim bola basket Australia Brisbane Bullets, terpaksa menghabiskan waktu seharian untuk mengurus dokumen keimigrasian bagi anjingnya.

Pelatih Brisbane Bullets Andrej Lemanis mengatakan, terdapat kekeliruan terkait status Kobe. Sebab, Patterson telah meminta izin petugas bandara untuk melakukan perjalanan dengan anjingnya.

"Saat dia mendarat di Los Angeles, tidak ada yang berkata apapun padanya (soal anjing). Dia lolos semua pemeriksaan keamanan dan berpikir tidak ada masalah jika Kobe ikut masuk ke kabin," ujar Lemanis kepada surat kabar The Courier Mail.

Patterson, yang sebelumnya membela Atlanta Hawks, dikenal sebagai penyayang anjing. Dia kerap berpose bersama Kobe di media sosial.

Baca juga: Restoran Ini Gaji Karyawan 1,5 Juta Per Jam untuk Bermain Bersama Anjing

Australia memiliki hukum karantina hewan yang sangat ketat untuk mencegah masuknya infeksi dari luar negara itu.

Aktor Johnny Depp dan Amber Heard pernah menjadi sorotan karena terlibat kasus karantina hewan pada 2015. Mereka mencoba menyelundupkan dua anjing mereka, Pistol dan Boo, ke Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com