Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Tabrak 31 Mobil di Jalan Tol di China, 15 Orang Tewas

Kompas.com - 04/11/2018, 19:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,SCMP

LANZHOU, KOMPAS.com - Kecelakaan parah terjadi di China setelah sebuah truk menabrak barisan mobil yang tengah mengantre di pintu keluar jalan tol.

Sedikitnya 15 orang dilaporkan tewas dan 44 lainnya luka-luka, akibat truk yang menabrak 31 kendaraan di pintu keluar jalan tol antara kota Lanzhou dengan Haikou, Provinsi Gansu, China barat laut, pada Sabtu (3/11/2018) malam.

Diberitakan surat kabar Xinhua, para korban telah dibawa ke rumah sakit setempat. Sebanyak 10 orang korban luka dalam kondisi serius.

Baca juga: Pesawat Qatar Airways Ditabrak Truk Air di Bandara Kolkata

Pengemudi truk, Li Feng, kini telah ditahan dan dalam penyelidikan pihak kepolisian. Dia mengaku sebelum kecelakaan, mendadak kehilangan kendali truknya dan rem tidak berfungsi.

Meski telah mendapat pengakuan dari sopir truk, petugas masih akan menggelar penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Truk yang terlibat kecelakaan diketahui terdaftar di kampung halaman Li, di Provinsi Liaoning, sekitar 2.000 kilometer dari lokasi insiden.

Diakui Li, itu adalah kali pertama dia mengemudikan truk dengan jarak sejauh itu. Demikian diberitakan China Daily.

Sebuah tayangan yang disiarkan stasiun televisi negara, CCTV menunjukkan lokasi kecelakaan yang memutih karena salju serta dengan bangkai kendaraan yang saling menumpuk.

Insiden kecelakaan yang mematikan masih kerap terjadi di China, di mana peraturan lalu lintas sering dilanggar dan tidak ditegakkan.

Kecelakaan yang terjadi pada Sabtu malam kemarin terjadi di lokasi yang disebut titik hitam dan kerap terjadi insiden.

Menurut situs berita Thepaper.cn, sejak diresmikan pada Desember 2004 hingga Juni tahun ini, tercatat telah ada 42 orang tewas dan 55 terluka akibat kecelakaan yang terjadi di lokasi tersebut.

Baca juga: Hendak Pasang Terpal, Supir Truk Tewas Tersengat Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com