Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdandan seperti Beyonce di Halloween, Perawat di AS Dipecat

Kompas.com - 02/11/2018, 15:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KANSAS CITY, KOMPAS.com - Seorang perawat di Missouri, Amerika Serikat, harus kehilangan pekerjaannya karena kostum yang dikenakannya saat Halloween.

Diwartakan The Independent Kamis (1/11/2018), perawat bernama Shelbi Elliott-Heenan itu mengunggah foto berdandan seperti penyanyi Beyonce.

Baca juga: Beyonce Kenakan Imitasi Sepatu yang Didesain Kanye West?

Dalam acara Halloween yang diadakan di Kansas City awal pekan ini, dia mengunggah foto di Facebook bersama seorang pria.

"Beyonce dan Jay Z". Begitulah keterangan foto yang memperlihatkan Elliott-Heenan sengaja menghitamkan wajahnya agar nampak seperti Beyonce.

Rumah Sakit St Luke mengonfirmasi bahwa Elliott-Heenan merupakan karyawan di tempat mereka, dan mengumumkan telah memecatnya setelah penyelidikan dilakukan.

"Kami sangat menjunjung tinggi kultur kami akan keberagaman dan inklusi," demikian penjelasan St Luke dalam keterangan resminya.

St Luke menjelaskan, kultur itu merupakan jati diri organisasi mereka demi diri sendiri maupun pasien, dan berharap setiap karyawannya juga melakukan hal yang sama.

Wajah hitam yang merupakan stereotip dari rasialis berakar sejak abad ke-19, dan menghasilkan sejumlah produk kultur seperti Aunt Jemima, Uncle Joe, hingga Jezebel.

Perdebatan tentang blackface itu menyeruak beberapa hari terakhir sejak presenter Megyn Kelly membela orang kulit putih yang hendak menghitamkan dirinya untuk Halloween.

Buntut dari komentarnya, presenter yang pernah mewawancarai Presiden Rusia Vladimir Putin itu kehilangan posisinya sebagai pemandu acara NBC Today.

Kelly kemudian mengeluarkan permintaan maaf kepada orang-orang yang merasa tersinggung ketika dia membela fenomena tersebut.

"Sejarah blackface di kebudayaan negeri kami begitu mengerikan karena sudah terlampau dalam," tutur Kelly dalam pernyataannya.

Baca juga: Ayah Vincent Kompany Jadi Wali Kota Kulit Hitam Pertama di Belgia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com